alexametrics

TPS 005, Ibu-ibu Diberi Jatah Memilih Lebih Dulu

17 April 2019, 22:47:00 WIB

JawaPos.com – Proses pemungutan suara di TPS 005 Kampung Monggak, Kelurahan Rempang Cate, Kecamatan Galang, Batam berlangsung lancar. Proses pemilihan berlangsung teratur hingga siang harinya.

Meskipun demikian, ada yang unik dalam proses pemilihan di TPS yang berada di kampung mayoritas nelayan ini. Panitia tidak mengharuskan warga yang memilih untuk mencoblos sesuai urutan mereka. Sebaliknya justru mengarahkan agar perempuan memilih terlebih dahulu.

Pilihan tersebut dibuat agar perempuan yang memiliki kesibukan lain di rumah, bisa segera menyelesaikan pekerjaan mereka.

“Ibu-ibu dulu bagus, biar bisa masak abis nyoblos, kalau orang laki-laki abis nyoblos bisa langsung makan,” kata Kupang, 51, salah satu warga yang ditemui di TPS ini.

Pantauan di lapangan, kondisi TPS dengan jumlah DPT sebanyak 291 ini, memang pada pagi harinya ramai dihadiri ibu-ibu dan kaum wanita. Sementara warga laki-laki yang ada di sekitar lokasi memilih menunggu dan mengarahkan para wanita untuk segera melakukan pencoblosan.

Hingga sekitar pukul 10.00 WIB, barulah kaum laki-laki mendapat giliran melakukan pencoblosan. Orangtua, anak-anak muda, dan seluruh masyarakat terus berdatangan untuk memberikan suara mereka di tengah cuaca cerah yang mengiringi proses pemilihan di kampung ini.

Ketua TPS 05 ini, Muhammad Djunaidi menjelaskan, banyaknya jumlah DPT di TPS ini karena tidak hanya warga kampung Mongggak saja yang memilih di lokasi ini. Tetapi juga mereka yang tinggal di kebun di sekitar kawasan perkebunan yang berlokasi tidak jauh dari sini.

“Banyak juga orang yang tinggal di kebun datang memilih, cukup banyak, kita baru selesaikan separuh lebih, masih lanjut sesudah makan siang,” kata Djunaidi ketika ditemui di sela istirahat pemungutan suara ini.

Editor : Yusuf Asyari

Reporter : Bobi Bani



Close Ads