alexametrics
Menang Versi Hitung Cepat

TKD Jokowi Prediksi Solo Raya Sumbang Suara Terbanyak

17 April 2019, 22:25:23 WIB

JawaPos.com – Tim Kampanye Daerah (TKD) Jokowi-Ma’ruf mengklaim jagoannya menang secara cukup telak di Provinsi Jawa Tengah pada proses Pemilihan Presiden 2019. Adapun wilayah Solo Raya yang diprediksi menyumbang suara terbanyak bagi petahana.

Ketua TKD jateng, Bambang Wuryanto menyebut, survei internal terakhir yang dilakukan pihaknya menunjukkan suara Jokowi-Ma’ruf unggul di sejumlah daerah. Survei itu dirilis Sabtu (13/4) kemarin dan dijadikan patokan hitung cepat internal untuk pemilu hari ini.

“Jawa Tengah menang semua. Paling banyak kalau dari survei internal kita nomor satu itu Boyolali, Grobogan, Wonogiri, kemudian Kota Solo. Karesidenan Surakarta umumnya. Totally 78 persen,” katanya saat dijumpai di Panti Marhaen, Kota Semarang, Rabu (17/4).

ILUSTRASI: Tim Kampanye Daerah (TKD) Jokowi-Ma’ruf mengklaim jagoannya menang secara cukup telak di Provinsi Jawa Tengah pada proses Pemilihan Presiden 2019. (dok. JawaPos.com)

Adapun daerah lain, kata Bambang, yang hasil perolehan suaranya cukup memuaskan. Seperti Banyumas dan Cilacap. Sementara untuk Kabupaten serta Kota Tegal, persaingan cukup sengit. “Di Kabupaten Tegal itu (Jokowi-Ma’ruf) sekitar 57,9 persen. Kalau di Kota Tegal itu 60 persen. Tapi, Pak Prabowo-nya udah kuat, 38 atau 36 persen,” rincinya.

Secara keseluruhan, survei internal itu menunjukkan Jokowi-Ma’ruf mendulang suara antara 73,6 sampai 75,6 persen. Itu jika tidak ada aral melintang. Akan tetapi, berdasar hasil proses hitung cepat sejumlah lembaga survei usai tahapan pemungutan suara, sementara ini malah mencapai 76 persen.

“Di Jawa Tengah semua menang, full. Cuma tinggal menangnya, menang spektakuler atau menang biasa. Yang saya sebut menang biasa itu kalau sama dengan kemenangan (Pilpres) 2014. Waktu itu 66,65 persen. Kalau lebih dari itu menang spektakuler,” ungkapnya.

Bambang mengatakan, tentu ini semua adalah hasil jerih payah dipadu strategi ciamik yang tak bisa ia sebutkan secara rinci. Namun, perlu diingat pula itu tak terlepas pula dari sosok Jokowi itu sendiri. “Pak Jokowi dicintai di Jawa Tengah. Kalau dulu sudah dicintai, sekarang lebih dicintai,” pungkasnya.

Editor : Sari Hardiyanto

Reporter : Tunggul Kumoro

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads