alexametrics

Suasana di TPS Rutan Polda Metro Jaya, Ratusan Tahanan Antusias Memilih Presiden

17 April 2019, 09:49:25 WIB

JawaPos.com – Sebanyak 538 warga tahanan Polda Metro Jaya tercatat sebagai daftar pemilihan tetap (DPT) Pemilu Legislatif dan Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden. Mereka menggunakan hak pilihnya di Tempat Pemungutan Suara (TPS) khusus Rutan Polda Metro Jaya, Rabu (17/4).

Suasana pencoblosan pun berlangsung tertib. Warga rutan Polda Metro Jaya tampak antusias menggunakan hak pilih untuk memilih anggota legislatif dan presiden – wakil presiden periode 2019-2024.

Sebanyak 103 personel pun disiagakan menjaga dua TPS rutan Ditreskrimum dan Ditresnarkoba. Direktur Tahanan dan Barang Bukti (Tahti) Polda Metro Jaya AKBP Barnabas mengatakan, 103 personel itu terbagi di dua TPS khusus rutan PMJ.

“Personel yang disiagakan full, anggota saya berjumlah 103 orang, dari Direkrorat Krimsus juga ada, Brimob juga,” ujarnya di rumah tahanan, Direktorat Kriminal Khusus, PMJ, Jakarta, Rabu (17/4)

TPS di Polda Metro pun dijaga oleh petugas KPPS. Petugas dari kepolisian yang turut mengawal jalannya pencoblosan sudah mendapat pelatihan dari Komisi Pemilihan Umum (KPU).

“Hari ini sudah siap. Petugas dan fasilitas untuk pemungutan suaranya sudah siap semua. Petugas sudah dapat pelatihan simulasi dan sebagainya dari KPU,” kata dia.

Pantauan pencoblosan di TPS rutan gedung Krimum Polda Metro Jaya, dimulai sejak pukul 07.30 WIB. Para tahanan berpakaian oranye satu per satu dikeluarkan. Mereka tampak mengantre dan duduk rapih menunggu giliran mencoblos.

“Sengaja TPS di dalam, kalau di luar repot. Antisipasi keamananya itu gitu,” ujarnya.

Diketahui, jumlah tahanan yang resmi punya hak pilih sebanyak 538 orang. Termasuk, terdakwa penyebar berita hoax Ratna Sarumpaet dan dua orang titipan tahanan KPK terdaftar dalam DPT.

Tak hanya itu, sederet artis terjerat kasus narkoba. Seperti, artis FTV Agung Saga, Jupiter Fourtissimo, Caca Duo Molek, Zul vokalis band Zivilia pun terdaftar sebagai DPT.

Editor : Bintang Pradewo

Reporter : Wildan Ibnu Walid

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads