alexametrics

Ratusan Warga Palembang Tidak Dapat Mencoblos Pilpres

17 April 2019, 23:36:58 WIB

JawaPos.com – Ratusan warga Palembang terpaksa tidak dapat mencoblos Pasangan Calon (Paslon) Presiden. Penyebabnya, surat suara Pilpres yang didistribusikan di Kota Palembang kurang.

Berdasarkan pantauan, kekurangan surat suara Pilpres ini terjadi dibeberapa TPS di Kota Palembang seperti di TPS 043, TPS 044, TPS 045 dan beberapa TPS lainnya di kawasan Ilir Timur (IT) II Palembang.

Saat dikonfirmasi, Ketua KPU Sumsel, Kelly Mariana membenarkan terjadinya kekurangan surat suara tersebut. Meskipun begitu, pihaknya belum dapat menginventarisir berapa banyak kekurangan surat suaran tersebut.

“Kami belum dapat laporannya berapa banyak yang kurang,” katanya saat ditemui di KPU Sumsel, Rabu (17/4).

Karena itu, pihaknya telah berkoordinasi agar melaksanakan pencoblosan Pilpres seadanya surat suara. Barulah, nanti akan dilakukan Pilpres lanjutan hanya untuk yang kekurangan surat suara saja. Penetapan Pilpres lanjutan ini menunggu data detail dari KPU Palembang terkait dengan jumlah kekurangan surat suara tersebut.

“Biasa pemilu lanjutkan ini akan dilakukan 10 hari setelah penetapan penundaan pemilu,” singkatnya

Sementara itu, Komisioner KPU Sumsel Divisi Sosialisasi, Amrah Muslimin menambahkan, kekurangan surat suara Pilpres ini belum diketahui penyebabnya. Namun, ia mengaku apabila terjadi hal kesengajaan maka dirinya mempersilahkan untuk ditindaklanjuti.

“Kami juga siap untuk mempertanggungjawabkannya jika memang ada kesengajaan,” katanya

Untuk menindaklanjuti kekurangan surat suara Pilpres ini, pihaknya akan memanggil KPU Palembang untuk meminta laporan secara detail dan melakukan rapat pleno.

“Sejauh ini, kami juga menghimpun kelebihan surat suara yang digunakan untuk TPS yang kekurangan surat suara,” tutupnya.

Di tempat yang sama, Kapolda Sumsel, Irjen Pol Zulkarnain Adinegara juga mengakui terjadi kekurangan surat suara baik Pilpres hingga DPR. Namun, dirinya belum dapat menyimpulkan penyebabnya.

Dirinya menduga, mungkin hal ini dikarenakan surat suara tersebut masuk di suatu tempat dan tidak sengaja ikut terbakar.
“Kami akan mengusutnya terlebih dahulu. Tapi, dalam kontek keamanan itu tidak mengganggu,” tutupnya.

Editor : Yusuf Asyari

Reporter : Alwi Alim