alexametrics

Pileg DPRD Banyuasin Dapil II Ditunda, KPU Sumsel: Salah Cetak

17 April 2019, 23:30:38 WIB

JawaPos.com – Pileg DPRD Banyuasin Dapil II terpaksa ditunda. Penyebabnya, terjadi kesalahan cetak surat suara sehingga harus dilakukan pemilu susulan.

“Dapil II ini terdiri dari 445 TPS di empat Kecamatan yakni Kecamatan Rimau, Kecamatan Tungkal Ilir, Kecamatan Suak Tapeh dan Kecamatan Betung,” kata Ketua KPU Sumsel, Kelly Mariana saat memberikan keterangan pers di KPU Sumsel, Rabu (17/4).

Ia membeberkan, kesalahan cetak ini yaitu pada Caleg DPRD Banyuasin. Dimana, pada Dapil II itu tercetak caleg Dapil I. Sehingga, harus dilakukan pencetakan ulang. Pencetakan ulang ini tidak dapat dilakukan serta merta dan merupakan kewenangan dari KPU RI.

Karena itu, pihaknya akan berkoordinasi terlebih dahulu dengan KPU Banyuasin dan KPU RI terkait dengan pencetakan ulang surat suara ini.

“Tulisannya itu benar Caleg Dapil II, tapi saat dilihat ternyata foto caleg dari Dapil I semua,” ujarnya.

Kejadian ini tentunya akan menjadi evaluasi pihaknya. Karena, kesalahan seperti ini seharusnya dapat diketahui sejak awal karena surat suara tersebut melalui proses penyortiran dan pelipatan.

Menurutnya, kesalahan ini diduga ada kelalaian dari pekerja yang melakukan penyortiran dan pelipatan surat suara tersebut.

“Pekerja penyortiran dan pelipatan ini disayangkan menggunakan tenaga luar daerah sehingga tidak mengetahui caleg di daerah mereka,” ujarnya.

“Karena itu, akan dilakukan Pileg susulan untuk dapil II DPRD Banyuasin saja,” tutupnya.

Editor : Yusuf Asyari

Reporter : Alwi Alim

Alur Cerita Berita

Lihat Semua