alexametrics

Lima Kotak Suara Beserta Surat Suara Pilpres di Banyuasin Hilang

17 April 2019, 23:23:05 WIB

JawaPos.com – Sebanyak lima kotak suara beserta surat suara Pilpres untuk lima TPS di Kelurahan Kenten Laut, Kecamatan Talang Kelapa, Banyuasin, Sumsel diketahui hilang. Hal ini diketahui berdasarkan laporan masyarakat setempat kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumsel, Rabu (17/4).

Ketua KPU Sumsel, Kelly Mariana mengakui jika ada lima kotak suara beserta surat suaranya menghilang. Akibatnya, ada lima TPS setempat yang tidak dapat memilih Calon Presiden (Capres).

Karena kendala tersebut, sebanyak tiga TPS tidak mau melakukan pencoblosan untuk seluruh tingkatan dari DPR Kota hingga DPR RI. Sedangkan, dua TPS lainnya telah melakukan pencoblosan saat siang hari, mulai dari DPR Kota hingga Capres.

“Alhamdulillah, kami berhasil mengumpulkan surat suara yang kelebihan sebanyak 1 ribu dan disalurkan ke dua TPS di wilayah Kenten Laut,” katanya saat ditemui di KPU Sumsel, Rabu (17/4).

Berdasarkan jumlah catatan dari KPU Sumsel, jumlah DPT di Kenten Laut tersebut yakni sebanyak 1.364 jiwa. Meskipun begitu, ia mengaku dirinya belum dapat memastikan berapa banyak kehilangan surat suara di wilayah tersebut.

Nantinya, untuk tiga TPS yang tidak mau melakukan pencoblosan ini akan dilakukan Pemilu susulan sesuai dengan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU). Namun, harus menunggu terlebih dahulu data sinkron dari KPU setempat.

“Biasanya pemilu susulan ini paling lama 10 hari setelah pemungutan suara,” tutupnya.

Sementara itu, Kapolda Sumsel, Irjen Pol Zulkarnain Adinegara mengatakan menurutnya kotak suara beserta surat suara Pilpres untuk lima TPS di Kelurahan Kenten Laut belum dapat dikatakan hilang.

Lantaran, hingga saat ini belum ada berita acaranya. Karena itu, pihaknya akan mengusut apakah ada unsur kesengajaan, kelalaian atau ketelitian.

“Untuk situasi pemilu sendiri itu tidak ada masalah sampai dengan saat ini,” singkatnya.

 

Editor : Yusuf Asyari

Reporter : Alwi Alim

Alur Cerita Berita

Lihat Semua