JawaPos Radar | Iklan Jitu

Oknum Pegawai Pajak Tertangkap OTT Dipastikan Dipecat

17 April 2018, 18:31:19 WIB | Editor: Yusuf Asyari
Oknum Pegawai Pajak Tertangkap OTT Dipastikan Dipecat
Oknum pegawai pajak berinisial RA saat ekspose oleh Ditreskrimsus Polda Babel. (Istimewa)
Share this

JawaPos.com - Oknum pegawai pajak berinisial RA yang terkena Operasi Tangkap Tangan (OTT) di Bangka Belitung (Babel) dipastikan bakal dipecat. Tersangka dinilai telah mencoreng nama baik intansi perpajakan. RA ditangkap oleh anggota Ditreskrimsus Polda Babel.

"Setelah kami mendapatkan kabar, kami langsung perintahkan KPP tempat RA bekerja untuk melakukan skorsing dan jika sudah berkekuatan hukum tetap akan dipastikan dipecat," kata Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) DJP Sumsel Babel, Ismiransyah saat dihubungi JawaPos.com, Selasa (17/4).

Ia mengakui bahwa pelanggaran yang dilakukan oknum ini terjadi diluar sistem bukan di dalam sistem. Karena WP yang sudah terdata akan terpantau dalam sistem, sedangkan korban belum terdata sehingga tidak terpantau.

Akibatnya, RA memanfaatkan peluang ini untuk memeras korban dengan memintai sejumlah uang kepada korban. "Kejadian ini pertama kali terjadi di wilayah kami dan kami minta ini terakhir kali terjadi," tegasnya.

Ia menghimbau agar setiap pimpinan untuk terus mengontrol karena tidak semua pegawai memiliki kepribadian yang baik. Ia juga sangat menyesal atas kejadian tersebut dimana saat ini pemerintah terus mengenjot pajak. Namun, terjadi hal yang tidak terduga.

"Kami sangat mengapresiasi dan berterima kasih atas penangkapan oleh Polda Babel," ujarnya.

Dirinya menambahkan untuk capaian pajak Sumsel Babel sendiri yakni 16 persen hingga 17 persen dari target pajak sebesar Rp 16 triliun. Capaian ini masih berada dibawah nasional dimana capaian nasional sekitar 20 persen.

Berdasarkan laporan SPT, sejauh ini jumlah WP perseorangan yakni sebanyak 400 ribu WP. Sedangkan, WP Badan 50 ribu. "Kami harap WP badan usaha melaporkan SPT karena masa berakhir pelaporan SPT untuk badan usaha sampai 30 April mendatang," tutupnya.

(lim/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up