alexametrics

Terendam Banjir, Akses Jalan ke Sentani Lumpuh Total

17 Maret 2019, 10:19:50 WIB

JawaPos.com – Akses jalan di seputaran Sentani, Kabupaten Jayapura terputus akibat banjir yang menerjang wilayah tersebut sejak semalam. Aparat keamanan sempat kesulitan melakukan evakuasi terhadap korban.

“Akses jalan wilayah Sentani Kabupaten Jayapura lumpuh total sehingga menghambat mobilisasi kendaraan untuk mengevakuasi warga di titik-titik yang terkena dampak banjir,” ujar Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo dalam keterangannya, Minggu (17/3).

Diketahui, derasnya curah hujan yang mulai turun sekitar pukul 18.00 WIT menyebabkan air bercampur material tanah dan lumpur dari arah Pegunungan Cycloop Sentani tumpah ke jalan raya. Banjir itu juga masuk ke kompleks perumahan warga.

“Banjir menghanyutkan beberapa rumah dan juga menimbulkan korban jiwa akibat terbawa atau terseret arus air yang bercampur material lumpur dan kayu,” kata Dedi.

Setidaknya, ada 15 titik yang terdampak banjir tersebut. Diantaranya, BTN Gajah Mada Sentani, BTN Bintang Timur Sentani, Komplek Jalan Padang Pasir Sentani, Komplek Salatiga Jalan Caravan Sentani, Komplek Jalan Kemiri Sentani/Depan Mako Auri, Komplek Jalan Sosial Sentani /BTN Sosial/ Komplek 751/R hingga Jalan Tabita Sentani.

Lalu, Komplek BTN Permata Hijau Sentani, Komplek Kali Ular Doyo Baru Waibu, BTN Grand Doyo Baru, Komplek BTN Jalan Yowari Doyo Baru, Komplek BTN Kolam Doyo Baru, Komplek BTN Daime – Daime Doyo Baru, Pertigaan Mata Jalan Arah Mapolres Jayapura, Komplek pemukiman Komba Sentani, dan Komplek Pasar Lama Sentani.

Kapolda Papua Irjen Martuani Sormin kabarnya memimpin evakuasi para korban. Dia telah memerintahkan Karo Ops mengkoordinir bantuan kemanusiaan.

Seluruh satuan dikerahkan untuk membantu korban banjir di Sentani. Antisipasi terhadap hal-hal yang tidak diinginkan juga dilakukan, termasuk pencurian atau penjarahan.

“Dir Intelkam dan Dir Reskrimum (diperintah) menyiapkan personel untuk mencegah pencurian atau penjarahan di rumah-rumah masyarakat yang mengungsi,” sebut Dedi.

Polres Jayapura khususnya bertugas menginventarisir korban jiwa dan juga kerugian material yang diakibatkan bencana banjir.

“Untuk sementara korban jiwa sebagian besar belum dapat diidentifikasi, di samping itu untuk kerugian material juga belum dapat di datakan pemiliknya,” jelasnya

Seluruh personel disiagakan baik di Mako maupun di titik-titik yang terkena dampak banjir untuk melakukan pertolongan pertama terhadap masyarakat yang terjebak maupun korban yang terkena dampak banjir.

“Warga yang terkena dampak banjir sebagian telah menyelematkan diri ke Mako Polsek Sentani Kota, komplek perkantoran gunung merah Sentani dan juga Mapolres Jayapura,” tukas Dedi yang mendapat laporan langsung dari Polda Papua.

Editor : Erna Martiyanti

Reporter : Desyinta Nuraini

Copy Editor :

Terendam Banjir, Akses Jalan ke Sentani Lumpuh Total