alexametrics

Sumsel Tawarkan Wisata Berkonsep Olahraga

17 Maret 2019, 14:36:18 WIB

JawaPos.com – Kementerian Pariwisata (Kemenpar) RI menetapkan Sumatera Selatan (Sumsel) sebagai tempat wisata olahraga di Indonesia. Penetapan ini, menilik terselenggara Asian Games yang di daerah yang memiliki makanan khas mpe mpek.

Tak hanya itu saja, Politeknik Pariwisata (Poltekpar) Palembang pun difokuskan untuk mengembangkan wisata olahraga tersebut.

Direktur Poltekpar Palembang, Zulkifli Harahap mengatakan, wisata olahraga merupakan kategori wisata buatan yang mana dihasilkan oleh kegiatan olahraga. Seperti contoh, Old Traford di Manchester United, Inggris.

Dalam kegiatan olahraga ini sendiri, ada yang aktif dan juga pasif. Yang aktif yakni atlet atau olahragawan itu sendiri. Sedangkan yang pasif itu pendukung, penonton, dan lain sebagainya.

“Karena itu, untuk mengejar target wisatawan mancanegara ditetapkanlah Sumsel sebagai tempat wisata olahraga di Sumsel,” katanya saat dihubungi, Minggu (17/3).

Ia mengaku, pemerintah menargetkan kunjungan wisman untuk tahun ini mencapai 22 juta. Karena itu, sebagai lembaga pendidikan diminta menciptakan agar target tersebut terpenuhi.

Sumsel sendiri, khususnya Palembang telah memiliki modal yakni Jakabaring Sport City (JSC). Kawasan tersebut, digunakan saat even Asian Games tahun lalu. Ini modal yang sangat baik untuk wisata olahraga di Sumsel khususnya Palembang.

Konsep yang ditawarkan, yakni pertandingan olahraga dihelat di JSC. Ditambah dengan penjualan souvenir, sehingga terjadi ekonomi baru di kawasan tersebut.

“Saat ini ada dua puluh satu venue yang ada disana dengan segala macam kegiatan,” terangnya.

Hanya saja, memang butuh peran penting pemerintah yakni dalam sektor penyelenggaraan even internasional. Menurutnya, even internasional dilakukan secara bidding seperti Asian Games dan ini dapat dilakukan oleh pemerintah.

Jika banyak even internasional terselenggara, maka Sumsel sebagai tempat wisata olahraga makin dikenal. “Saat ini beberapa pihak juga terus mempromosikan JSC ini. Tapi hanya sebagai travel agen saja. Yang paling penting adalah penyelenggaraan even khususnya internasional sehingga dapat menarik wisman ke Sumsel,” tutupnya.

Editor : Budi Warsito

Reporter : Alwi Alim

Sumsel Tawarkan Wisata Berkonsep Olahraga