JawaPos Radar | Iklan Jitu

Langganan Banjir, Wali Kota Palembang Minta Dibangun Rumah Pompa

17 Maret 2019, 19:36:36 WIB
Langganan Banjir, Wali Kota Palembang Minta Dibangun Rumah Pompa
Kondisi banjir yang terjadi di Kota Palembang. (Alwi Alim/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Kota Palembang masih jadi langganan banjir khususnya di kawasan Sungai Buah Kecamatan Ilir Timur (IT) II Palembang. Untuk mengatasi persoalan banjir tersebut, Pemkot Palembang meminta PT Pusri untuk membangun rumah pompa di kawasan tersebut.

Hal ini diketahui dalam gotong royong di Jalan Sersan Zaini Lorong Bhayangkara 2 RT 28, RW 11, Kelurahan 2 Ilir, Kecamatan IT II Palembang.

"Salah satu solusi untuk mengatasi banjir terutama di kawasan ini yaitu dengan pembangunan rumah pompa," kata Wali Kota Palembang, Harnojoyo, Minggu (17/3).

Dikatakannya, Pemkot Palembang telah meminta PT Pusri untuk membangun rumah pompa tersebut, dan permintaan tersebut kini telah direspon PT Pusri. Bahkan, PT Pupuk Sriwijaya ini pun tengah menyiapkan DED untuk pembangunan rumah pompa tersebut.

Rumah pompa yang akan dibangun ini memiliki besaran 1/3 dari rumah pompa di Sungai Bendung dengan daya sedot pompa mencapai 12 ribu liter per detik dan kebutuhan lahan yang digunakan berkisar 1 hektar.

"Kami harap rumah pompa ini segera terealisasi agar dapat dirasakan masyarakat secepatnya," singkatnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Palembang, Ahmad Bastari menambahkan pembangunan rumah pompa ini akan dilakukan sepenuhnya oleh BUMN tersebut. Sehingga, pihaknya tidak dapat terlalu jauh ikut campur dalam pembangunan. 
Hanya saja, pihaknya dapat memberikan masukan terkait pembangunan tersebut.

"Mereka ini memiliki tenaga teknik sipil sendiri sehingga kami yakin mampu membangunnya dengan baik," katanya.

Saat ini, BUMN tersebut tengah menyelesaikan DED dari pembangunan rumah pompa. Dan nantinya akan dibawa terlebih dahulu ke Pemkot untuk dipaparkan kepada Wali Kota sebelum dilakukannya pembangunan.

"Mereka juga sedang menghitung besaran kebutuhan pompanisasi yang akan dibangun tersebut," tutupnya.

Di tempat yang sama, Manajer Humas PT Pusri, Hernawan menambahkan, pemaparan yang akan dilakukan dihadapan Wali Kota untuk menjelaskan konsep atau desain yang akan dibangun.

Sehingga jika ada kekurangan dapat diberikan masukan sehingga tidak berdampak dikemudian hari. Apalagi, tujuannya untuk mengatasi persoalan banjir yang terus terjadi setiap tahunnya.

"Kami akan siapkan dulu DED nya baru kami paparkan depan Wali Kota Palembang," singkatnya.

Editor           : Yusuf Asyari
Reporter      : Alwi Alim

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini