Gus Yahya Sebut NU Perlu Peran Khofifah Indar Parawansa

17 Februari 2022, 07:20:06 WIB

JawaPos.com–Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Yahya Cholil Staquf atau Gus Yahya menegaskan, NU perlu peran Khofifah Indar Parawansa. Sebab, Khofifah dinilai memiliki kemampuan sebagai seorang teknokrat.

”Itu alasan saya mengapa memilih Khofifah Indar Parawansa sebagai perempuan pertama yang masuk sebagai jajaran menjadi Ketua Tanfidziyah PBNU,” ujar Gus Yahya seperti dilansir dari Antara usai Silaturahmi Harlah Ke-99 NU di Gedung Negara Grahadi di Surabaya, Rabu (16/2) malam.

Gus Yahya mengaku, memilih Khofifah, termasuk Alissa Wahid di struktural PBNU bukan karena masalah gender. Tapi lebih ke kualitas dan kebutuhan peran keduanya.

”Kalau ada yang lebih baik dari Mbak Khofifah, mungkin dia tidak saya ajak masuk. Bagi yang mempertanyakan kualitasnya, cari yang lebih baik dan tunjukkan ke saya. Tapi saya yakin, di Indonesia tak ada yang lebih teknokrat dari dia,” ucap Gus Yahya.

Ketum PBNU mengatakan, di tubuh ormas yang saat ini dipimpinnya, dia menginginkan diurus laksana pemerintahan sehingga diperlukan kecakapan teknokrasi. Saat menjadi juru bicara Presiden Gus Dur beberapa tahun lalu, lanjut dia, yang sampai sekarang tak berani ditanyakan alasan memilih Khofifah langsung terjun ke eksekutif, bahkan sampai menjadi menteri.

Selain menjadi menteri pada era Presiden Gus Dur, Khofifah juga pernah dipercaya Presiden Joko Widodo sebagai Menteri Sosial. Dan sekarang menjabat sebagai Gubernur Jatim.

Editor : Latu Ratri Mubyarsah

Reporter : Antara

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads