alexametrics

Sosialisasi Pemilu di Car Free Day, Kemenkominfo: Stop Hoaks

17 Februari 2019, 10:15:47 WIB

JawaPos.com – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) Republik Indonesia bersama dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Solo menggelar sosialisasi Pemilu di kawasan Car Free Day (CFD), Solo, Minggu (17/2).

Selain untuk meningkatkan partisipasi pemilih, sosialisasi ini ditujukan untuk mengajak masyarakat agar tidak ikut menyebarkan hoaks atau berita bohong.

Sekretaris Jenderal Kemenkominfo, Rosarita Niken Widyastuti, menjelaskan, sosialisasi ini diharapkan dapat meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap penyelenggaraan Pemilu yang akan berlangsung 17 April 2019 mendatang.

Selain itu, masyarakat juga bisa mengetahui mengenai setiap tahapan Pemilu. “Pemilu ini sangat penting, karena merupakan wujud dari kedaulatan rakyat. Dan ini juga untuk menginformasikan bahwa Pemilu kali ini ada lima pencoblosan, yakni Pemilihan Presiden, DPR RI, DPD Provinsi, DPRD Provinsi dan DPRD Kota/Kabupaten,” terang Niken kepada JawaPos.com disela sosialisasi.

Niken juga menyampaikan, dari sosialisasi ini juga diketahui ternyata masih banyak masyarakat yang belum mengetahui dirinya sudah terdaftar di daftar pemilih tetap (DPT) atau belum. Maka dari itu, dalam sosialisasi ini juga diadakan pengecekan pemilih di DPT setempat.

“Antusiasme masyarakat cukup tinggi, terlihat dari banyaknya masyarakat yang mengantre untuk mengecek apakah sudah terdaftar di DPT atau belum,” terang perempuan yang juga menjabat sebagai Plt Dirjen Informasi dan Komunikasi Kemkominfo.

Niken juga mengajak seluruh masyarakat untuk menghindari setiap informasi negatif yang banyak tersebar di media sosial. Jangan sampai masyarakat ikut menyebarkan informasi bohong atau hoax. Selain karena ada ancaman dari UU ITE juga hoax bisa berdampak cukup parah.

“Mari kita bisa mengendalikan diri, jangan sampai energi Indonesia ini habis hanya untuk memikirkan membalas hoax. Mari setop, waspadai hoax dan menjaga Pemilu damai,” katanya.

Salah seorang warga, Ambara,44 menyambut baik dengan adanya sosialisasi Pemilu ini. Selama ini, informasi mengenai Pemilu masih sangat minim, sehingga banyak masyarakat yang tidak tertarik dengan gelaran Pemilu.

“Seharusnya ada informasi dari KPU, minimal dari PPK. Tapi selama ini tidak ada, jadi masyarakat juga kurang tertarik untuk terlibat dalam Pemilu,” ucapnya.

Editor : Budi Warsito

Reporter : Ari Purnomo

Copy Editor :

Sosialisasi Pemilu di Car Free Day, Kemenkominfo: Stop Hoaks