alexametrics

Sosialisasi Pemilu 2019, Kemenkominfo Gelar Pertunjukan Wayang Kulit

17 Februari 2019, 08:26:50 WIB

JawaPos.com – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) terus berupaya untuk menyosialisasikan mengenai Pemilu kepada seluruh masyarakat. Untuk memudahkan pemahaman dalam sosialisasi, Kemenkominfo pun menggunakan media seni, seperti yang dilakukan di lapangan Banyuanyar, Solo, Sabtu (16/2) malam.

Dalam sosialisasi tersebut, Kemenkominfo menggunakan media seni tradisional berupa pertunjukan wayang kulit dengan lakon “Semar Boyong”.

“Melalui pertunjukan rakyat ini kami berharap masyarakat akan lebih mudah untuk memahami mengenai pentingnya menggunakan hak pilihnya pada Pemilu 2019 mendatang,” terang Sekretaris Jenderal Kemenkominfo Rosarita Niken Widyastuti.

Dengan begitu, Niken melanjutkan, maka partisipasi masyarakat untuk menggunakan hak suaranya juga akan mengalami peningkatan. Mengingat, semua warga masyarakat juga memiliki hak yang sama untuk menentukan pemimpin Indonesia.

“Ini sebagai wujud kedaulatan rakyat, dan kita semua mempunyai hak yang sama dalam memberikan hak suara,” tambah perempuan yang juga menjabat sebagai Plt Dirjen Informasi dan Komunikasi Kemkominfo tersebut.

Di samping itu, Niken juga mengimbau kepada seluruh masyarakat agar lebih cerdas dalam setiap menerima informasi yang beredar. Jangan sampai, masyarakat justru menjadi salah satu penyebar hoax atau berita bohong karena tidak menyaring informasi yang diterimanya terlebih dahulu.

“Masyarakat harus bisa memilah setiap informasi yang diterimanya. Jangan sampai terjebak pada berita bohong dan ujaran kebencian. Jika menerima berita hoax lebih baik dihapus, jangan ikut menyebarkannya. Karena, menyebarkan berita tersebut bisa terkena UU ITE,” ucapnya.

Pada kesempatan yang sama, Tenaga Ahli Menteri Kemenkominfo, Freddy H Tulung menyampaikan, masyarakat tidak hanya bisa berpartisipasi dalam Pemilu 2019 mendatang. Lebih dari itu, masyarakat juga harus ikut mengawasi pemimpin Indonesia yang terpilih.

“Pemilu ini memang untuk memilih pemimpin, tetapi kan tidak berhenti di situ. Masyarakat juga harus ikut mengawasi kinerja mereka, termasuk memperjuangkan janji yang mereka mereka sampaikan. Ini merupakan bagian dari demokrasi itu,” ucapnya.

Editor : Bintang Pradewo

Reporter : Ari Purnomo

Copy Editor :

Sosialisasi Pemilu 2019, Kemenkominfo Gelar Pertunjukan Wayang Kulit