alexametrics

Pastikan Stok BBM Aman, Pertamina Target Digitalisasi 5.850 SPBU

17 Februari 2019, 22:15:59 WIB

JawaPos.com – PT Pertamina bakal melakukan digitalisasi terhadap Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di seluruh Indonesia. 

Hal ini tujuannya untuk mengetahui ketersediaan stok di SPBU seluruh Indonesia. Tercatat saat ini total SPBU mencapai 5.850 outlet.

Direktur Utama PT Pertamina, Nicke Widyawati mengatakan, digitalisasi ini untuk meningkatkan kepastian stok bbm di setiap SPBU dan meningkatkan transaksi non tunai. Sehingga nantinya, data ketersediaan bahan bakar yang ada di SPBU akan diketahui secara real time dan bahan bakar yang dikeluarkan pun tercatat secara akurat.

“Digitalisasi ini dilakukan dengan cara memasang perangkat digital khusus di kran penyalur bbm atau nozle ke kendaraan,” katanya saat ditemui disela tinjauan penerapan digitalisasi SPBU di Palembang bersama Menteri BUMN Rini Soemarni, Minggu (17/2).

Nantinya, data ini akan terhubung dengan pusat data Pertamina, sehingga saat stok BBM minim akan terpantau secara otomatis dan dapat segera melakukan distribusi.

Saat ini, digitalisasi SPBU telah dilakukan ke 350 outlet SPBU. Ditargetkan, pada akhir Maret mendatang sudah mencapai 3 ribu outlet.
“Kami targetkan pada akhir semester pertama seluruh outlet SPBU sudah selesai di digitalisai,” tutupnya.

Sementara itu, Menteri BUMN, Rini Soemarno menambahkan, digitalisasi SPBU ini sangat membantu pemerintah dalam melakukan impor minyak.

Menurutnya, dengan data yang akurat, impor minyak yang dilakukan tidak berlebihan dan juga tidak kekurangan seperti yang saat ini terjadi.
“Dengan begitu, ketersediaan stok bbm akan selalu ada,” tutupnya.

Editor : Yusuf Asyari

Reporter : Alwi Alim

Copy Editor :

Pastikan Stok BBM Aman, Pertamina Target Digitalisasi 5.850 SPBU