alexametrics

Izin Operasi LRT Jakarta Belum Keluar, Pengamat: Mending Ditunda

17 Februari 2019, 06:15:04 WIB

JawaPos.com – Kereta cepat Lintas Rel Terpadu (LRT) Jakarta akan segera beroperasi akhir Februari ini. Namun, sampai saat ini rekomendasi dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub) pun belum keluar.

Pengamat Transportasi Darmaningtyas menjelaskan, nantinya ketika rekomendasi telah dikeluarkan, maka Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta akan mulai bisa memproses izin operasional daripada LRT Jakarta.

“Kalau transportasi itu kan aspek keselamatan, kelayakan kalau menurut auditor aspek keselamatan belum memenuhi ya nggak bisa itu, jadi wajar lama,” jelasnya saat dihubungi JawaPos.com, Sabtu (16/2).

Menurutnya, jika dipaksakan malah takutnya membahayakan para penumpang. Sehingga jalan terbaik menurutnya adalah penundaan jadwal pengoperasian ketimbang dipaksakan berjalan.

“Kalau di dalam transportasi lebih baik menunda daripada beroperasi tapi tidak selamat gitu, jadi menurut saya lebih baik ditunda pengoperasiannya biar setelah beroperasi tidak ada hambatan. Daripada beroperasi tapi nanti di tengah jalan kemudian ada gangguan dan berhenti beroperasi,” ungkapnya.

Sebelumnya, Direktur Proyek LRT Jakarta Jakpro Iwan Takwin mengaku optimis dalam mengejar target operasi LRT Jakarta. Sebab dari teknis pengoperasian semua tinggal menunggu rekomendasi yang dikeluarkan oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

“Delapan kereta ini sudah selesai diuji sama Kemenhub. Tinggal kami tunggu rekomendasi dari Kemenhub kan 2 minggu ini sudah menguji di semua baik stasiun, ruang kontrol OCC di Depo kalau sudah keluar, setelah itu Kemenhub kirim ke Dishub baru mereka yang keluarkan izin operasi,” jelasnya.

Sebelum beroperasi pada akhir Februari, Iwan menyatakan bahwa pihaknya akan mengetes keseluruhan sarana dan prasarana kereta LRT. Trial run ini nantinya akan diikuti oleh masyarakat secara terbatas.

Editor : Erna Martiyanti

Reporter : Reyn Gloria

Izin Operasi LRT Jakarta Belum Keluar, Pengamat: Mending Ditunda