JawaPos Radar

Open House Vihara Duta Maitreya Dihadiri Seluruh Lapisan Masyarakat

17/02/2018, 11:00 WIB | Editor: Budi Warsito
Open House Vihara Duta Maitreya Dihadiri Seluruh Lapisan Masyarakat
Suasana Open house di Maha Vihara Duta Maitreya, Batam. (Boni Bani/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Perayaan Hari raya Imlek 2569 tahun 2018 di Maha Vihara Duta Maitreya, Sungai Panas, Batam Centre, Batam, Juamt (16/2) berlangsung dalam suasana suka ria. Tiga agenda utama perayaan Imlek ini berjalan dengan lancar dan menarik banyak perhatian.

Bukan hanya dari masyarakat Tionghoa yang memang merayakan Imlek, namun juga masyarakat Batam secara umum. Hampir di setiap sudut salah satu vihara terbesar di Batam ini, dipadati oleh orang-orang yang kebanyakan menggunakan pakaian berwarna merah.
Namun demikian, tidak jarang juga terlihat mereka yang menggunakan hijab (muslim) berada di antara ramainya masyarakat tionghoa.

Dalam kesempatan itu, tiga agenda utama vihara yang digelar adalah, pelaksanaan do'a berkah, pembagian jeruk bahagia, dan open house vihara dalam bentuk penyediaan makanan gratis untuk semua pengunjung vihara.

Open House Vihara Duta Maitreya Dihadiri Seluruh Lapisan Masyarakat
Suasana Open house di Maha Vihara Duta Maitreya, Batam. (Boni Bani/JawaPos.com)

Alvin Oyolanda, Kepala Bagian Humas Maha Vihara Duta Maitreya mengatakan bahwa, agenda ini memang rutin dilaksanakan dalam setiap perayaan Hari Raya Imlek. Ketiga agenda dilaksanakan pada hari pertama Imlek. Kegiatan ini yang selalu ramai dihadiri oleh masyatakat Batam, bahkan selalu meningkat setiap tahunnya.

Alvin menjelaskan, tahun sebelumnya vihara ini menyediakan lebih dari 30 ribu piring makanan dalam kegiatan open house di hari pertama Imlek. Dan jumlah itu diakuinya, terserap semua oleh masyarakat yang hadir. Jumlah itu diyakininya akan bertambah untuk perayaan Imlek pada tahun 2018 ini.

Open house ini sendiri kata Alvin, sudah berjalan tahun kesembilan termasuk tahun ini. "Kita belum bisa prediksi tahun ini jumlahnya berapa. Tapi biasanya selalu meningkat setiap tahun. Artinya, masyarakat selalu antusias dengan kegiatan kita di sini, siapapun boleh makan di sini," jelas Alvin ketika ditemui di sela kesibukannya melayani tamu vihara pada Jumat (16/2).

Sementara itu, untuk agenda doa berkah sendiri, meskipun diikuti oleh ramai peserta, namun tidak mengurangi ketertiban dan kelancaran acara berdoa. Demikian juga pembagian jeruk bahagia yang menurutnya merupakan wujud sikap saling berbagi untuk menebar kebaikan antar sesama.

Untuk open house ini, pihak panitia menyediakan tidak kurang dari 10 jenis makanan vegetarian. Alvin tidak menjelaskan berapa banyak jumlah makanan yang mereka sediakan. Namun ia mengaku tetap melayani masyarakat hingga pukul 20.00 WIB.

Untuk mendukung ketersediaan makanan hingga malam, panitia sudah menyiapkan bahan makanan cadangan dan terus menambah kekurangan. "Pokoknya kita sediakan sampai malam. kKta harapkan bisa untuk semua pengunjung vihara, karena ini untuk semua masyarakat," jelasnya lagi.

(bbi/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up