JawaPos Radar

Libur Panjang, Kereta Masih Menjadi Primadona Transportasi Warga

17/02/2018, 09:11 WIB | Editor: Sari Hardiyanto
Kereta Api
Penumpang bersiap-siap masuk ke dalam Kereta Api di Stasiun Cikudapateuh, Bandung. (Siti Fatonah/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Momen libur panjang Imlek dimanfaatkan warga untuk berlibur bersama keluarga. Salah satu transportasi umum yang menjadi primadona warga selama liburan yakni Kereta Api.

Manager Humas PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi (Daop) II Bandung, Joni Martinus mengatakan libur panjang Imlek kali ini tingkat keterisian kereta mencapai 100 persen.

"Semua kereta ke semua tujuan rata-rata sudah penuh. Kereta-kereta tujuan Jogya, Solo, Surabaya, Malang, Cirebon, Semarang, dan Jakarta rata-rata tingkat keterisiannya sudah mencapai maksimal," katanya, Jumat (16/2).

Data yang dimilikinya, hingga Kamis (15/2), memang masih ada beberapa kereta yang masih tersedia, seperti KA Argo Wilis dan KA Turangga. Namun pergerakannya sangat dinamis. Oleh karena itu, pihaknya mewanti-wanti kepada warga yang akan menggunakan jasa transportasi kereta agar memesannya jauh-jauh hari sebelum kehabisan.

Menurutnya, kereta api masih menjadi favorit sebagai sarana bepergian. "Terbukti dengan terus ditambahnya perjalanan ke arah Jakarta," sebutnya.

Joni kembali mengimbau warga agar dapat melakukan pemesanan jauh-jauh hari apabila hendak menggunakan transportasi kereta. Terlebih PT KAI sudah dapat melayani pemesanan kereta 90 hari sebelum keberangkatan.

"Jadi mengantisipasi kehabisan tiket sebaiknya segera lakukan pemesanan jika rencana sudah matang,” sarannya.

Untuk diketahui, PT KAI Daop II menambah 6 perjalanan KA Argo Parahyangan sehingga total perjalanan dari Bandung menuju Jakarta menjadi 13 kali.

KA Argo Parahyangan tambahan beroperasi setiap hari dan khusus pada Jumat, Sabtu, dan Minggu ada 5 perjalanan tambahan yaitu pukul 04.15, 07.35, 11.00, 14.05, 15.25 (khusus Sabtu dan Minggu), dan 22.30 (khusus hari Jumat).

(ona/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up