alexametrics

Pergoki Aksi Jambret, Polantas Lumpuhkan Satu Pelaku

17 Februari 2017, 07:50:28 WIB

JawaPos.com – Jiwa pengayom benar-benar mendarah daging bagi Aiptu Bella Adi Saputra, personel Satuan lalu lintas (Satlantas) Polresta Pekanbaru ini. Di saat patroli, dia memergoki pelaku penjambret beraksi di depan May Bank.

Melihat pelaku kabur, dia lantas membuntuti hingga berhasil melumpuhkan satu dari dua pelaku. Seorang lagi berhasil kabur. Aksi heroik itu terjadi di sekitar kawasan Jalan Jendral Sudirman, Kota Pekanbaru, Riau, Kamis (16/2).

Kepada Riau Pos (Jawa Pos Group), Aiptu Bella Adi Saputra menceritakan, sebelum peristiwa itu terjadi, semula dia tengah berpatroli di sekitar kawasan Jalan Jendral Sudirman sekitar pukul 10.30 WIB.

Tak jauh dari nasabah May Bank di Jalan Sudirman, tiba-tiba dia melihat dan menyaksikan adanya tindak pidana penjambretan terhadap seorang wanita, yang diketahuinya bernama Aulia (24) warga Jalan Kulim, Limapuluh yang tengah menyandang tas miliknya.

Lantas Adi membuntuti kedua pelaku jambret dari arah belakang yang saat itu berusaha kabur dengan mengendarai sepeda motor Satria FU. Pelaku berusaha lari dari arah Jalan Sudirman menuju ke Jalan Tengku Umar dan masuk ke Jalan Sultan Syarih Kasim. Ketika itu mereka itu tak sadar telah dibuntuti.

Namun ketika melintas di di Jalan Setia Budi, kedua pelaku jambret mulai sadaar berupaya melaju lebih kencang. “Setelah melihat saya karena mengikuti dari belakang, mereka langsung tancap gas. Begitu berada di persimpangan Jalan Setia Budi dan Sudirman, lalu sepeda motor mereka saya pepet hingga terjatuh,” kata Aiptu Bella Adi seperti dilansir Riau Pos (Jawa Pos Group), Jumat (17/2.

Begitu kedua pelaku terjatuh, Adi langsung meloncat dan merangkul salah satu dari dua pelaku jambret tersebut. Pada saat itu terjadi pergumulan antara Adi dan pelaku. “Saya sempat teriak tangkap rampok,” jelasnya.

Mendengar ungkapan Adi itu, warga sekitar yang melihat peristiwa tersebut langsung memberikan bantuan. Akhirnya pelaku berhasil ditangkap.

Sementara itu dari tangan pelaku petugas mengamankan, satu unit kantong plastik yang berisikan uang sebesar Rp3,5 juta. Dari pengakuan korban kepada petugas bahwa ia di jamret pada saat hendak menukarkan uang recehan. Tanpa diduga korban waktu itu kedua pelaku langsung merampas tas miliknya.

Kasat Reskrim Polresta Pekanbaru Kompol Bimo Ariyanto saat mengatakan, bahwa pihaknya saat ini langsung melakukan penyelidikan terkait peristiwa tersebut. “Langsung kami kembangkan petugas sedang di lapangan mengajar pelaku lainnya, doakan saja semoga berhasil,” kata Bimo.

Terpisah, atas aksi heroik anggotanya Kapolresta Pekanbaru Kombes Pol Susanto langsung memberikan penghargaan atau (Reward) kepada Aiptu Bella Adi. “Saya berterima kasih kepada Aiptu Bella Adi yang telah bertugas melindungi masyarakat, mudah mudahan dengan aksi keberaniannya itu menjadi contoh dan inspirasi bagi personil lainnya,” kata Susanto.  (man/iil/JPG)

Editor : Ilham Safutra

Saksikan video menarik berikut ini:


Pergoki Aksi Jambret, Polantas Lumpuhkan Satu Pelaku