alexametrics

Tiga Pasien Omicron di Jatim Masih Berusia 2 dan 4 Tahun

17 Januari 2022, 20:33:57 WIB

JawaPos.com–Pasien Covid-19 Varian Omicron di Jawa Timur masih berusia balita. Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur Erwin Astha Triyono mengatakan, tiga pasien masih berusia di bawah 5 tahun.

”Tiga pasien di antaranya masih balita. Yakni TGO, 4; AR, 4; dan QIZ, 2,” kata Erwin pada Senin (17/1).

Sementara pasien lain berusia di atas 20 tahun. Yakni FP, 32; dan FI, 61. ”Kemudian 1 orang dari Kota Malang, MA, 40; dan 1 orang dari Kabupaten Malang, LI, 29,” ungkap Erwin.

Penemuan kasus Covid-19 varian Omicron itu berdasar hasil whole genome sequencing atau WGS yang dilakukan Institute of Tropical Disease (ITD) Universitas Airlangga Surabaya. WGS dilakukan untuk menentukan jenis virus pasien.

”Hasil dari ITD ada 7 kasus. Sehingga total ada 8 kasus. Penambahan ini, hasil rangkaian dari pengumpulan sampel. Kami kirim sampel ke ITD Unair pada 14 sampai 16 Desember. Ada 18 sampel,” terang Erwin pada Senin (17/1).

Dari 18 sampel itu, ITD menemukan beberapa varian Covid-19. Tujuh di antaranya dinyatakan positif varian Omicron. Yakni 5 dari Kota Surabaya, 1 dari Kota Malang, dan 1 dari Kabupaten Malang. Satu pasien varian omicron sebelumnya dinyatakan sembuh.

Editor : Latu Ratri Mubyarsah

Reporter : rafika

Saksikan video menarik berikut ini:



Close Ads