alexametrics

5.973 Jamaah Waiting List Umrah Surabaya Tunggu Keputusan OGP Kemenag

17 Januari 2022, 22:43:36 WIB

JawaPos.com–Sebanyak 290 calon jamaah umrah harus kembali menunggu pemerintah membuka pintu menuju tanah suci Makkah. Kementerian Agama menyatakan akan menerapkan skema kebijakan satu pintu atau one gate policy (OGP).

Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag Surabaya Gartaman mengatakan, total ada 5.673 jamaah yang masuk waiting list. ”290 di antaranya sudah mendapatkan rekomendasi paspor umrah,” kata Gartaman pada Senin (17/1).

Karena sistem one gate policy tersebut, mereka kini masih menunggu kepastian untuk berangkat ke tanah suci Makkah. Selain berharap segera berangkat, mereka juga berharap pintu keberangkatan dari Bandar Udara Internasional Juanda Surabaya segera dibuka.

”Harapannnya pintu keberangkatan dari Juanda dibuka. Supaya nggak perlu ke Jakarta. Biaya juga berkurang kalau (berangkat) dari Surabaya,” ujar Gartaman.

Sebelumnya, Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas mengatakan, pemberangkatan jamaah umrah asal Indonesia tidak akan dihentikan meski kasus Covid-19 varian Omicron meningkat. Menag juga memastikan, proses keberangkatan jemaah umrah akan tetap dilaksanakan.

”Tidak ada pemberhentian umrah. Saya juga sudah meminta kepada Pak Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah agar keberangkatan jamaah tetap menerapkan one gate policy,” tegas Menag Yaqut Cholil Qoumas saat Rapat Kerja dengan Komisi VIII DPR RI di Senayan, Jakarta, Senin (17/1).

Editor : Latu Ratri Mubyarsah

Reporter : rafika

Saksikan video menarik berikut ini:



Close Ads