alexametrics

Prabowo Sebut Cadangan BBM Hanya 20 Hari, Jonan: Emangnya Kenapa?

17 Januari 2019, 18:01:38 WIB

JawaPos.com – Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan akhirnya angkat bicara terkait dengan pernyataan Capres nomor urut 02, Prabowo Subianto yang menyebutkan cadangan Bahan Bakar Minyak (BBM) di dalam negeri hanya untuk 20 hari. Jonan pun tidak menampik kebenaran informasi tersebut.

“Kalau 21 hari emangnya kenapa? Maunya berapa hari,” ujarnya saat melakukan peninjauan fasilitas Pertamina Refenery Unit III Plaju, Palembang, Kamis (17/1).

Jonan mengatakan jika minyak yang jadi ini ditampung untuk cadangan. Dimana, lama cadangan ini sekitar 21 hari. Untuk pengelolaannya, tergantung dari jenisnya seperti kerosine (minyak tanah) dapat lebih lama dibandingkan BBM jenis lainnya seperti, avtur, pertalite dan premium.

Menurutnya, bisa saja cadangan BBM tersebut dibuat lebih banyak dengan membangun tempat penampungan yang baru. Namun, tentunya dibutuhkan biaya yang besar dan tentunya juga berdampak pada kenaikan harga BBM itu sendiri.

Meskipun cadangan BBM hanya 21 hari. Menurutnya, tidak menimbulkan masalah. Bahkan, seluruh pasokan BBM pun tidak mengalami pengurangan. “Selama ini kan tidak masalah contohnya Pertamina. Impornya juga bisa tiap hari datang. Secara nasional juga apakah ada kekurangan pasokan? Kan tidak ada,” pungkasnya.

Sebelumnya, Capres Prabowo menyebutkan jika cadangan Bahan Bakar Minyak (BBM) di Indonesia hanya untuk 20 hari. Hal ini disampaikan Prabowo dalam pidato kebangsaan di Jakarta, Senin lalu (14/1).

Editor : Sari Hardiyanto

Reporter : Alwi Alim

Prabowo Sebut Cadangan BBM Hanya 20 Hari, Jonan: Emangnya Kenapa?