alexametrics

Imigrasi Malang Tolak 39 Pembuatan Paspor

17 Januari 2019, 19:12:03 WIB

JawaPos.com – Kantor Imigrasi Kelas I TPI Malang menolak 39 permohonan pembuatan paspor. Diduga, pemohon akan menggunakan paspor untuk menjadi Tenaga Kerja Indonesia (TKI) nonprosedural alias ilegal.

Dugaan tersebut didasarkan pada sejumlah kejanggalan. Seperti pemohon yang hendak pergi ke luar negeri untuk bekerja pembantu rumah tangga, perawat bayi atau lansia, buruh, hingga bekerja di perkebunan.

Selain itu, Imigrasi juga mencatat adanya modus yang biasa digunakan para calon pekerja ilegal. “Ada yang sengaja memanfaatkan visa bebas kunjungan di wilayah ASEAN. Ada juga yang menyalahgunakan visa magang,” kata Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Malang Novianto Sulastono, Kamis (17/1).

Kejanggalan itu diketahui petugas saat pemohon paspor tidak dapat menjelaskan job order yang diterima di negara tujuan. Adapun beberapa negara favorit yang menjadi tujuan TKI antara lain Malaysia, Hongkong, Singapura, dan Timur Tengah.

Petugas biasanya menemui pemohon yang mengajukan pembuatan paspor untuk wisata, namun tidak meyakinkan. “Dari gestur yang kami amati, penampilan, sampai kejelasan soal rute wisata itu tidak meyakinkan. Yang seperti itu kami tunda atau bahkan kami tolak,” tegas pria yang akrab disapa Tonton itu.

Penolakan tidak semata langsung dilakukan. Namun masih melewati beberapa tahap terlebih dahulu. Antara lain dilihat dari kelengkapan berkas serta wawancara. “Verifikasi itu menyeluruh. Seperti ijazah, kartu keluarga, KTP. Ini untuk mengantisipasi manipulasi data. Kami juga kerja sama dengan pemerintah daerah untuk verifikasi,” paparnya.

Toton memegaskan, penolakan pembuatan paspor dilakukan untuk memberi perlindungan kepada warga yang akan mencari pekerjaan di luar negeri. “Ketika mereka tidak dilengkapi visa kerja, maka mereka jadi lemah. Karena lemah, mereka nggak akan punya bargaining power (posisi tawar) ketika ada masalah,” tegasnya.

Editor : Sofyan Cahyono

Reporter : Fiska Tanjung



Close Ads
Imigrasi Malang Tolak 39 Pembuatan Paspor