alexametrics

Heboh, Destinasi Wisata Air Baru di Solo. Begini Penampakannya

17 Januari 2018, 05:50:51 WIB

JawaPos.com – Kota Solo akan mempunyai destinasi wisata baru yakni berupa galeri sungai yang bernama Papan Kawruh Tirta. Tempat wisata ini merupakan tempat untuk belajar mengenai air, mulai dari air tanah, mata air, air sungai, air laut dan lainnya.

Lokasinya berada di Jalan A. Yani atau tepat di depan Terminal Tirtonadi Solo dan di atas pintu air Kali Anyar.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPU-PR) Kota Solo, Indah Sitaresmi Suryandari menjelaskan, bahwa konsep bangunan dari Papan Kawruh Tirta ini terinspirasi dari sebuah kapal. Karena berada tepat di atas pintu air Kali Anyar, bangunan ini dibuat seringan mungkin.

Papan Kawruh Tirta
Tampak Muka Papan Kawruh Tirta (Ari Purnomo/JawaPos.com)

“Kami tidak mengubah konstruksi pintu air. Bangunan ini dibuat dengan penuh warna-warni karena nantinya ini akan menjadi salah satu tempat wisata baru,” katanya kepada JawaPos.com di sela-sela peninjauan persiapan operasional, Selasa (16/1).

Lebih lanjut perempuan berhijab yang biasa disapa Sita itu mengatakan, bangunan ini tidak hanya melibatkan dari DPU-PR saja. Tetapi juga para seniman kreatif yang ada di Kota Solo. Sehingga, menghasilkan sebuah bangunan futuristik dan bergaya modern yang ikonik.

“Kalau malam hari ini bisa berwarna warni karena ada lampu yang akan dinyalakan, jadi terlihat begitu berwarna,” kata Sita.

Nantinya, bangunan ini akan diisi dengan berbagai perlengkapan. Mulai dari mebeler, perlengkapan dokumen drainase dan juga sungai. Termasuk juga master plan drainase Kota Solo.

Selain itu, rencana kerja dari DPU-PR juga akan dipaparkan di dalam galeri tersebut. Sehingga, masyarakat yang berkunjung bisa mengetahui semua tentang hal yang berkaitan dengan air.

“Ini belum selesai, masih kurang pagar dan juga mebeler. Nantinya galeri ini akan dibuka untuk umum dan gratis. Jadi masyarakat bisa memanfaatkan fasilitas yang ada,” katanya.

Hanya saja, Sita belum bisa memastikan kapan Papan Kawruh Tirta itu akan dibuka untuk umum.

Dalam kesempatan yang sama, Wali Kota Solo, F.X. Hadi Rudyatmo mengatakan, bahwa selain bisa menjadi tempat wisata, Papan Kawruh Tirta ini juga bisa menjadi tempat kuliah.

“Misalkan ada mata kuliah tentang air, bisa meminjam tempat ini. Dan kemarin UNS juga sudah mengajukannya,” kata Rudy.

Seperti diketahui, galeri sungai ini dibuat dalam dua tahap yakni tahap pertama pada tahun 2016 dengan anggaran mencapai Rp 2,1 miliar. Dan tahap kedua dikerjakan pada tahun 2017 dengan anggaran mencapai Rp 1,59 miliar. Dengan total anggaran mencapai Rp 3,6 miliar.

Editor : Sari Hardiyanto

Reporter : (apl/JPC)

Heboh, Destinasi Wisata Air Baru di Solo. Begini Penampakannya