alexametrics

Selesai Simulasi, Overpass Manahan Segera Diuji Coba

16 Desember 2018, 20:21:11 WIB

JawaPos.comDinas Perhubungan (Dishub) Kota Solo akan melakukan simulasi overpass Manahan, Senin (17/12). Simulasi dilakukan secara terbatas yakni hanya dari Dishub saja. Simulasi untuk memastikan kesiapan jalan layang tersebut sebelum diuji coba dan dibuka secara umum. 

Disela meninjau kesiapan overpass Manahan, Minggu (16/12) sore, Wali Kota Solo, F.X. Hadi Rudyatmo mengatakan, setelah simulasi dilakukan maka uji coba bisa dilakukan secepatnya. Yakni bisa Selasa (18/12) atau Rabu (19/12) mendatang.

“Simulasi ini hanya internal dulu, yakni Kepala Dishub dan pegawai Dishub dulu, setelah simulasi bisa diuji cobakan dan dimanfaatkan untuk lalu lintas,” terangnya kepada JawaPos.com. 

Simulasi ini, Rudy melanjutkan, untuk mengetahui secara langsung mengenai kondisi jalan layang tersebut. Apakah sudah memenuhi standar dan laik untuk dilintasi kendaraan secara umum atau belum. Dan jika nantinya hasil simulasi menemukan ada hal yang perlu diperbaiki atau dilengkapi, maka bisa menjadi masukan.

“Kalau ada hal yang perlu perbaikan masih bisa diperbaiki, karena kan masih masa perbaikan,” urainya. 

Pada kesempatan yang sama, Manajer Proyek PT Yasa Patria perkasa, Edi Nurahmad menyampaikan, secara umum kondisi overpass Manahan sudah siap untuk dilintasi kendaraan. Termasuk juga untuk keberadaan rambu dan juga penerangan jalan juga sudah lengkap. “Tinggal menunggu pembuatan marka solid di tengah jalan dan marka chefron (serong) di titik pertemuan arus,” urainya. 

Dan untuk pembuatan marka tersebut, Edi mengatakan, harus menunggu hasil simulasi yang akan dilakukan oleh Dishub terlebih dahulu. Ini untuk memastikan, batas laju kendaraan masing-masing.

Editor : Sari Hardiyanto

Reporter : (apl/JPC)

Selesai Simulasi, Overpass Manahan Segera Diuji Coba