alexametrics
Sekoper Cinta Jawa Barat

Menteri Yohana: Akhiri Human Trafficking dan KDRT

16 Desember 2018, 14:49:04 WIB

JawaPos.com – Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Yohana Yembise menghadiri Festival Kota Layak Anak di Gedung Sasana Budaya Ganesa (Sabuga), Bandung, Sabtu (16/12). Selain itu, dia sekaligus datang dalam peluncuran program Sekolah Perempuan Capai Impian dan Cita-Cita (Sekoper Cinta).

Menurut Yohana program yang digagas oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat sangat mendukung program pemerintah pusat dalam memberdayakan perempuan. Selain itu juga upaya menurunkan angka perceraian akibat kekerasan dalam rumah tangga (KDRT), human trafficking, dan kesenjangan ekonomi bagi kaum perempuan.

“Saya apresiasi Sekoper Cinta, ini sangat berhubungan dengan program kita di 2019 program Presiden yakni para menteri harus laksanakan program berhubungan dengan pelatihan masyarakat,” kata Yohana di Sabuga Bandung, Sabtu (16/12).

Menurutnya, sejenis prpgram sekoper cinta baru pertama kali dilakukan Gubernur. Pihaknya pun akan mengawal program tersebut bahkan diprioritaskan agar pelaksanaannya berjalan dengan sempurna di masyarakat.

“Semoga sukses, akan kami kawal karena ini salah satu program prioritas. Yaitu denhan akhiri kesenjangan ekonomi bagi kaum perempuan dan juga perdagangan manusia, termasuk akhiri KDRT,” ujarnya.

Hal itu perlu dilakukan, karena sejauh ini di Indonesia angka kekerasan terhadap perempuan masih cukup tinggi. Bahkan lebih miris lagi, angka perceraian semakin meningkat.

“Saya minta semua bangkit, wujudkan negara yang kuat dengan memiliki keluarga yang hebat. Ada 65 juta keluarga, kita harus kuatkan supaya anak-anak kita ini yang memutuskan mata rantai kekerasan terhadap perempuan, dan matarantai kekerasan dalam bentuk perceraian,” tuturnya.

Sebagaimana diketahui program Sekoper Cinta ini akan diwajibkan hadir di 27 Kota Kabupaten di Jawa Barat. Karena dianggap sangat penting untuk mewujudkan perempuan yang berkualitas juga terbebas dari kekerasan.

“Diwajibkan di seluruh Kota Kabupaten, karena tugas Gubernur adalah menstandarisasi hal baik bukan hanya satu dua kota tapi juga seluruh wilayah Jabar,” ucap Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Dalam acara peluncuran Sekoper Cinta juga Festival Kota Layak Anak dihadiri ribuan anak-anak dari usia taman kanak kanak, SD hingga SMA. 

Editor : Bintang Pradewo

Reporter : (ona/JPC)



Close Ads
Menteri Yohana: Akhiri Human Trafficking dan KDRT