JawaPos Radar | Iklan Jitu

Dari Karton, Kotak Suara KPU Diklaim Sangat Efisien

16 Desember 2018, 16:08:55 WIB
Kotak Suara
KOTAK SUARA: Kotak Suara dari Karton juga punya daya tahan dari beban yang cukup berat. (Istimewa)
Share this

JawaPos.com - Karton kedap air digunakan sebagai penyimpan kertas suara pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 mendatang. Jika dihitung, kotak dari karton tersebut diklaim juga memangkas biaya Pemilu. 

Ketua KPU Kota Medan Agussyah Ramadani Damanik menjelaskan, karton yang digunakan kedap air. ini bukan produk percobaan dari KPU. Karton juga pernah digunakan pada Pemilu 2014 lalu. "Surat suara di dalamnya nanti akan dibungkus plastik kembali, begitu juga dengan kotaknya dibungkus plastik transparan. Kami pastikan aman dari air," ungkapnya, Minggu (16/12). 

Sementara itu Komisioner KPU Kota Medan Rinaldi Khair juga mengatakan, kotak suara dari karton sangat efisien. Selain biaya produksi, karton juga memangkas biaya transportasi. Karena jika menggunakan aluminium, kotak harus diangkut dalam keadaan sudah jadi. Sedangkan karton bisa dilipat. 

"Memang kalau aluminium itu bisa dilepas menjadi kepingan. Tapi kalau harus menyusunnya lagi, pasti memakan biaya lagi," ungkapnya. 

Soal tingkat keamanan juga tidak terlalu berbeda dengan yang berbahan aluminium. KPU Medan menegaskan, karton kedap air ini bukan produk percobaan KPU RI.  Sebab sudah dibuktikan dalam Pemilu 2014 dan Pilkada Serentak 2018 lalu. Tidak ada persoalan yang krusial terjadi terkait bahan kotak suara.
 
Selain itu, kotak suara juga nantinya akan disegel secara khusus. Jadi tidak sembarangan bisa dibuka. Segel hanya bisa dibuka dengan sepengetahuan saksi dan panitia pengawas atau Bawaslu.
 
Kotak suara juga dijamin akan tahan dan kuat dengan beban hingga 100 kg lebih. KPU Medan juga sudah membuktikan keandalan kotak karton dengan cara diduduki. Karton tidak mengalami kerusakan. 

Untuk diketahui, pengadaan kotak suara sesuai dengan Peraturan KPU No 15/2018, Pasal 7, ayat 1. Dalam aturan itu disebutkan kotak suara sebagaimana dimaksud Pasal 6 ayat 1 terbuat dari bahan karton kedap air yang pada satu sisinya bersifat transparan. 

Lalu pada ayat 2 disebutkan kotak suara merupakan barang habis pakai atau satu kali pakai. Selanjutnya di ayat 3 disebutkan kotak suara berbentuk kotak yang kokoh pada setiap sisinya, dengan ukuran panjang 40 sentimeter dan tinggi 60 sentimeter. 

"Semua isi pasal tersebut telah melalui proses konsultasi dalam Rapat Dengar Pendapat DPR RI dan telah disetujui," tandasnya. 

Editor           : Sari Hardiyanto
Reporter      : (pra/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up