JawaPos Radar | Iklan Jitu

Cegah Kekerasan Perempuan, Ridwan Kamil Lauching Sekoper Cinta

16 Desember 2018, 13:39:37 WIB
Cegah Kekerasan Perempuan, Ridwan Kamil Lauching Sekoper Cinta
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. (Siti Fatonah/ JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Pemerintah Provinsi Jawa Barat kembali meluncurkan program untuk kemajuan Pemermpuan di Jawa Barat. Sekolah Perempuan Capai Impian dan Cita-cita (Sekoper Cinta) akan diterapkan di 27 Kota Kabupaten Jabar.

Sekoper Cinta merupakan wadah perempuan Jawa Barat bertukar pengetahuan dan pengalaman mengenali kebutuhan dan kepentingan perempuan. Selain itu untuk meningkatkan kualitas hidupnya sebagai upaya mewujudkan perempuan Jabar Juara yang mampu memeberdayakan diri, keluarga dan lingkungan sekitar.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan dengan program sekoper cinta diharapkan bisa merubah yang buruk menjadi yang terbaik yang berkaitan dengan urusan dan masalah perempuan dan anak.

"Hasil penelitian angka perceraian di Jabar tinggi karena kekerasaan. Dari hasil statistik 29 persen terpapar stunting, anaknya kurang gizi, jumlah perceraian juga banyak," kata Ridwan Kamil di Gedung Sasana Budaya (Sabuga) Bandung, Minggu (16/12).

Maka dari itu dengan Sekoper Cinta merupakan sebuah upaya memperbaiki kualiatas perempuan di Jabar. Selain iyu, program serupa ini sudah dilakukan di Kota Bandung dan Bogor untuk penguatan.

"Karena Ibu-ibu (perempuan Jabar) enggak ada sekolahnya. Maka saat ini kita buat sekolah perempuan yang 60 persen materinya tentang keluarga," ujarnya.

Menurutnya, di Bogor sudah terbukti bisa mengurangi angka perceraian dan kekerasan dalam rumah tangga (KDRT). Harapannya Jabar dengan Sekoper Cinta bisa menjadi contoh perempuan berkualitas juga mengurangi angka perceraian karena KDRT.

"Diwajibkan di seluruh Kabupaten Kota di Jabar. Karena tugas Gubernur adalah menstandarisasu hal baik bukan hanya satu dua kota tapi juga seluruh wilayah," pungkasnya. 

Editor           : Bintang Pradewo
Reporter      : (ona/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up