alexametrics

Tak Kebanjiran Lagi, Warga Bukit Duri Masih Buang Sampah ke Sungai

16 November 2018, 06:50:54 WIB

JawaPos.com – Normalisasi Sungai Ciliwung yang dilakukan oleh mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama terbukti mampu mengurangi banjir. Salah satunya di kawasan Bukit Duri, Jakarta Selatan.

Sayangnya hal tersebut tidak dibarengi dengan perubahan perilaku masyarakat. Terbukti meski sudah terbebas dari banjir namun masih saja banyak warga yang membuang sampah ke sungai.

Padahal di bantaran sungai juga telah dibuat jalan inspeksi yang memisahkan permukiman warga dengan sungai. Perilaku warga yang masih membuang sampah di kali ini, dilihat sendiri oleh Pelaksana Tugas (Plt) Lurah Bukit Duri Sarca Armin.

“Iya, masih ada (yang buang sampah di kali). Karena pada saat saya berangkat pagi, saya melihat masih ada warga yang membuang sampah ke kali,” tutur Sarca pada JawaPos.com Kamis (15/11).

Sarca menambahkan, jika dirinya sempat melaksanakan kegiatan Operasi Tangkap Tangan (OTT) di sekitaran Jalan Inspeksi Baru itu. Tujuannya untuk menangkap warga yang masih saja membuang sampah ke kali. 

“Terus juga kalau saya melakukan kegiatan OTT juga masih ada yang membuang sampah, juga ada beberapa warga yang kami tangkap di situ,” ungkapnya. 

Dirinya mengaku tidak mempunyai kewenangan, dalam memberikan sanksi terhadap warga yang melakukan pelanggaran tersebut, melainkan tugas dari Dinas lingkungan Hidup (DLH). Namun dirinya tetap mengimbau kepada warga agar ikut menjaga lingkungan.

Sesuai dengan aturan yang berlaku, bagi warga yang terbukti membuang sampah di sungai akan dikenakan denda administrasi maksimal Rp 500 ribu. Denda tersebut masuk ke kas negara sebagai penerimaan.

“Yang membuang sampah disitu kalau tertangkap, dikenakan biaya administrasi berupa uang. Itu bervariasi, dan yang mempunyai kewenangan itu dari DLH, kalau saya hanya monitor dan memfasilitasi,” jelas Sarca. 

Sementara Sarca berharap kepada warganya untuk tidak lagi membuang sampah di sekitaran aliran kali Ciliwung di kawasannya yang sudah dilakukan normalisasi itu. 

“Saya harapkan masyarakat disitu juga menjaga kali tersebut, agar tidak membuang sampah disitu. Yang saat ini masih banyak warga yang membuang sampah di kali itu, padahal itu kali sudah bagus, tidak ada sampah,” pungkasnya.

Editor : Erna Martiyanti

Reporter : (dik/JPC)


Close Ads
Tak Kebanjiran Lagi, Warga Bukit Duri Masih Buang Sampah ke Sungai