alexametrics

Ekspansi Besar-Besaran, Berbagai Produk Taiwan Gempur Indonesia

16 November 2018, 18:25:09 WIB

JawaPos.com – Indonesia memang menjadi sasaran empuk ekspansi produk dari luar negeri. Terutama produk asal Tiongkok yang hampir menjamah seluruh lapisan masyarakat.

Produk-produk buatan Tiongkok seperti sudah mewabah. Alat elektronik, telepon seluler, hingga peralatan kesehatan sudah banyak beredar.

Ternyata Taiwan tidak mau kalah. Mereka mulai lebih gencar ekspansi bisnis di pasar Indonesia. Taiwan yang terkenal sebagai manufaktur produksi barang setengah jadi mulai berubah. Mereka mulai memproduksi barang jadi.

Ekspansi Besar-Besaran, Berbagai Produk Taiwan Gempur Indonesia
Taiwan Excellence digelar sebbagai bentuk promosi produk asal Taiwan. (Prayugo Utomo/JawaPos.com)

“Kita sudah mulai memperkenalkan produk-produk kita,” ujar Deputy Director of Taipei Economic and Trade Office in Indonesia, Alex HC Liao, disela pembukaan Taiwan Excellence di salah satu mal besar di Kota Medan, Jumat (16/11).

Alex memang mengakui Tiongkok lebih dulu masuk ke pasar Indonesia. Namun yang menjadi catatan penting, produk Taiwan mengedepankan kualitas daripada harga murah.

“Produk Cina dari segi harga lebih murah. Tapi kalau kita pertimbangkan dari segi kualitas. Kalau produk Taiwan harganya memang lebih bersaing,” ujarnya.

Untuk mengekspansi pasar Indonesia, Taiwan sudah menyiapkan strategi. Berbeda dengan Tiongkok, Taiwan lebih banyak promosi lewat dunia maya dan pameran.

“Dari marketing media sosial, digital media, kolaborasi dengan youtuber, menyesuaikan tren kekinian,” tukasnya.

Seperti Taiwan Excellence, tahun ini sudah beberapa kota besar yang didatangi. Di Medan, ini kali kedua digelarnya Taiwan Excellence. Dimana acara tersebut pertama kali digelar pada 2016.

Jumlah penduduk yang besar menjadi daya tarik tersendiri bagi mereka dalam memasarkan produk.

Editor : Budi Warsito

Reporter : (pra/JPC)



Close Ads
Ekspansi Besar-Besaran, Berbagai Produk Taiwan Gempur Indonesia