alexametrics

Serahkan Diri ke Rutan, Sunarman Ingin Habiskan Masa Tahanan di Solo

16 Oktober 2018, 19:30:25 WIB

JawaPos.comNarapidana (Napi) Lapas Kelas IIA Palu, Sunarman bin Sutino, 38, yang menyerahkan diri ke Rumah Tahanan (Rutan) Kelas IA Solo berharap bisa ditahan di Solo. Sunarman ingin menghabiskan sisa masa tahanannya 2,5 tahun di dekat tanah kelahirannya. Hal itu disampaikan Sunarman usai menyerahkan diri ke Rutan Kelas IA Solo, Senin (16/10). 

Sunarman mengaku, dirinya masih trauma setelah mengalami bencana gempa bumi dan tsunami saat berada di sel tahanan Lapas Kelas IIA Palu. Maka dari itu, dirinya pun berharap dirinya tidak lagi dikirimkan ke Lapas Kelas IIA Palu.

“Kalau saya inginnya bisa ditahan di Solo saja, tidak lagi ditahan di Palu. Masih trauma juga soalnya,” katanya.

Selain itu, lanjut Sunarman, dengan ditahan di Solo dirinya akan lebih dekat dengan keluarganya yang tinggal di Mojodipo, Jatirejo, Jumapolo, Karanganyar.  Sehingga, meski berada di sel tahanan setidaknya dirinya bisa lebih sering bertemu dengan keluarganya.

Sunarman mengatakan, selama keluar dari Lapas Kelas IIA Palu dirinya sudah berada di kampung halamannya lebih kurang satu minggu. Selama waktu sepekan tersebut, dihabiskannya untuk bersilaturahmi ke tempat saudara dan juga berkumpul dengan keluarga. 

“Ya kumpul keluarga, ajak anak jalan-jalan ke Alun-alun Karanganyar dan juga bersilaturahmi ke rumah saudara,” ucapnya.

Sunarman mengaku, dirinya memang tidak berniat untuk melarikan diri dan melupakan sisa masa tahanannya. Maka dari itu, Sunarman pun mencari informasi mengenai cara agar dirinya bisa kembali ke penjara untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya.

“Saya terlibat narkoba karena dicatut oleh teman saya, jadi saya tidak ditangkap saat menggunakannya,” ucap pria yang baru tiga tahun merantau ke Palu tersebut. 

Mengenai permintaan dari Sunarman tersebut, Kepala Pengamanan Rutan (KPR) Kelas IA Solo, Andi Rahmanto mengaku, dirinya tidak bisa memutuskan hal tersebut. Meski begitu, dirinya mengapresiasi sikap Sunarman yang dengan tanggungjawab menyerahkan diri ke Rutan.

“Kalau soal kelanjutannya apakah nanti Sunarman ditahan di Solo atau dikembalikan ke Palu itu menunggu dari Dirjen PAS,” pungkasnya.

Editor : Sari Hardiyanto

Reporter : (apl/JPC)


Close Ads
Serahkan Diri ke Rutan, Sunarman Ingin Habiskan Masa Tahanan di Solo