alexametrics

Satu Tahun Anies, Pengamat Transportasi: Jangan Terus Wacana

16 Oktober 2018, 12:21:45 WIB

JawaPos.com – Kepemimpinan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan telah menginjak 1 tahun hari ini. Sehingga, kinerja Anies perlu diperhatikan apakah telah mencapai target atau malah belum memenuhi target.

Analis Kebijakan Transportasi dari Forum Warga Kota Jakarta (FAKTA) Azas Tigor Nainggolan pun menyoroti program Anies dari segi pembangunan transportasi di Jakarta. Selama setahun, Anies dinilai baru melahirkan nama baru Jak Lingko untuk sistem integrasi transportasi.

Menurut Tigor, dari pemenuhan akses layanan angkutan umum massal perlu diperbaiki. Perbaikan yang dimaksud bukan hanya sekedar nama (branding) atau tampilan luar saja tapi juga isi (bagian dalam) layanannya.

“Misalnya bukan sekedar mengganti nama Ok Otrip menjadi Jak Lingko semata. Tetapi harus juga menyediakan isi layanan angkutan umum massal itu agar bisa dengan mudah diakses oleh warga,” jelas Tigor dalam keterangannya, Selasa (16/10).

Angkutan umum yang terintegrasi secara baik (akses) menjadi salah satu janji kampanye Anies- Sandiaga Uno sewaktu kampanye Pilkada Jakarta tahun 2017 lalu. Tigor melihat janji Anies tidak semata-mata hanya terkait nama atau branding tetapi membangun bagian isi atau dalamnya, substansi layanannya angkutan umum massal yang integratif.

“Seharusnya angkutan umum dapat memudahkan warga Jakarta untuk berpindah dan meninggalkan kendaraan pribadinya di rumah. Bisa mengendalikan dan mengurangi kepadatan atau kemacetan jalan di Jakarta oleh kendaraan pribadi,” terang Tigor.

“Mengurai kemacetan Jakarta akan memberi dampak positif meningkatnya kinerja serta produktivitas warga Jakarta,” imbuhnya.

Sementara itu, Tigor meminta Anies berpikir bahwa jika kemacetan terurai, maka dapat mengurangi pemborosan bahan bakar dan waktu perjalanan warga Jakarta. Serta menghentikan tekanan stres pencemaran udara bagi warga. Kota yang tidak macet maka akan memberi udara bersih dan peningkatan kesehatan warga kotanya.

“Kelihatannya kok setahun masa kerja gubernur Anies baru bisa mengganti nama dari Ok Otrip menjadi Jak Lingko, belum masuk pada langkah konkrit membangun substansi pemenuhan hak warga bertransportasi yang baik,” ungkap Tigor.

Tigor berharap Anies dapat mematangkan prinsip pemenuhan hak bertransportasi warga secara terencana dalam 4 tahun mendatang. Sehingga, layanan angkutan massal dapat membuat warga bisa selamat, aman dan nyaman dalam sistem transportasi yang terintegrasi.

“Jangan terus berwacana tanpa konsep nyata memperbaiki pembangunan layanan bagi warga. Siapkan kajian, konsep besar dan perencanaan pembangunan akses layanan angkutan umum,” pungkasnya.

Editor : Erna Martiyanti

Reporter : (rgm/JPC)

Copy Editor :

Satu Tahun Anies, Pengamat Transportasi: Jangan Terus Wacana