alexametrics

Napi Lapas Palu Serahkan Diri ke Rutan Solo

16 Oktober 2018, 12:13:26 WIB

JawaPos.com – Sunarman bin Sutino meninggalkan Lapas Kelas II A Palu saat terjadi gempa bumi dan tsunami beberapa waktu lalu. Selanjutnya, narapidana kasus narkoba itu menyerahkan diri ke Rumah Tahanan (Rutan) Kelas IA Solo, Selasa (16/10).

Warga Mojodipo, Jatirejo, Jumapolo Karanganyar itu menyerahkan diri dengan didampingi pihak keluarga sekira pukul 09.30 WIB. Ini dilakukan sebagai bentuk tanggung jawab Sunarman untuk merampungkan hukumannya.

Kepala Pengamanan Rutan (KPR) Kelas IA Solo Andi Rahmanto menjelaskan, Sunarman merupakan terpidana kasus narkoba yang divonis empat tahun penjara. Sunarman sudah menjalani masa penahanan satu tahun lima bulan.

“Yang bersangkutan tidak ada niat untuk melarikan diri, tetapi untuk menyelamatkan diri. Dia menyerahkan diri atas keinginannya sendiri sebagai bentuk tanggung jawabnya dan ingin merampungkan masa penahanan,” ucap Andi kepada JawaPos.com.

Menurut Andi, apa yang dilakukan Sunarman sudah mendapatkan izin dari petugas lapas demi keselamatan para napi. Mengingat saat gempa terjadi banyak napi di Lapas kelas IIA Palu.

Sunarman merupakan warga Karanganyar yang selama ini merantau atau bekerja di Palu. “Kemudian saat gempa terjadi, dia menjadi sopir dan mengantar keluarga pulang ke tanah kelahirannya,” ucap Andi.

Setelah berada di Karanganyar lebih kurang selama satu minggu, akhirnya Sunarman berinisiatif menyerahkan diri ke Rutan Kelas IA Solo. Sunarman mengaku uga mencari informasi mengenai cara untuk bisa kembali ke Rutan.

Sunarman pun mendapatkan informasi dari salah satu rekannya yang masih ada di Palu. “Dari informasi itulah, saya berinisiatif untuk menyerahkan diri ke Rutan Kelas IA Solo. Saya ingin menjalani sisa masa tahanan yang sudah diputuskan pengadilan,” cetus Sunarman.

Editor : Sofyan Cahyono

Reporter : (apl/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads
Napi Lapas Palu Serahkan Diri ke Rutan Solo