alexametrics

Fitra Djaja Purnama Dikenal Suka Menyapa Tetangga

16 Oktober 2018, 19:53:13 WIB

JawaPos.com- Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mendatangi rumah konsultan Lippo Group Fitra Djaja Purnama kemarin (15/10). Kini, rumah itu masih dihuni oleh beberapa yang kabarnya, adalah keluarga dekat Fitra. 

JawaPos.com mendatangi rumah di Jalan Jalan Kencana Sari Timur IV, Selasa petang (16/10). Tidak aktivitas yang terlalu mencolok. Hanya ada empat orang yang tampak sedang bersantai di halaman depan rumah.

Tak lama, ada seorang pria yang mengaku sebagai teman lama Fitra. JawaPos.com mencoba mengobrol dengannya. Namun, dia meminta agar awak media tidak meliput suasana di rumah Fitra. 

Berbagai alasan dia lontarkan. Mulai menilai pemberitaan yang tidak terkait dengan Fitra, dampaknya terhadap psikologis keluarga, hingga menganggap pemberitaan yang sudah tayang sebagai hal yang cukup. “Tidak perlu lah, di Jawa Pos kan sudah ada. Terus apa? Ya, jangan menambah yang tidak terkait,” ucapnya.

Ditanya apakah KPK mendatangi rumah tersebut, dia mengaku tidak tahu. Ditanya lagi bagaimana sosok Fitra, dia juga tidak menjawab. “Saya bukan menghalang-halangi kerja sampean. Tapi ya nggak perlu diekspose rumahnya ini. Seolah-olah ini rumah hasil nyuri. Haknya apa? Dadi yo, lapo seh,” tambahnya. 

Terpisah, Ketua RT 8/ RW VI Nurdiyan Soetjahjo mengaku tidak melihat langsung jika ada anggota KPK yang menyatroni rumah Fitra. Hanya, dia mendengar kabar bahwa KPK membawa tetangganya itu melalui media massa. “Saya nggak lihat sendiri. Tapi baca sendiri dari media,” kata Nuryadin.

Ditanya bagaimana sosok Fitra, Nuryadin menuturkan, tidak ada gelagat yang mencurigakan selama mengenal Fitra. Dia mengatakan, Fitra adalah sosok yang suka menyapa tetangga. 

Nuryadin juga mengenal Fitra sebagai seorang konsultan Lippo. Selain itu, dia juga pernah mendengat kabar jika Fitra pernah menjadi anggota sebuah Lembaga Swadaya Masyarakat. “Kantornya dulu di rumah sebelahnya itu. Tapi itu dulu sekali. Saya lupa kapan,” lanjut Nuryadin.

Meski demikian, Nuryadin mengatakan jika Fitra jarang bergaul dengan tetangga. Nurdiyan mengenal Fitra sebagai sosok yang sering bepergian keluar kota. Kadang ke Banyuwangi atau ke Jakarta. 

Nuryadin mengaku sudah beberapa bulan ini tidak pernah bertemu dengan Fitra. Hanya saja, dia mengaku sempat memperhatikan situasi rumah Fitra sejak kemarin. “Sejak kemarin, jam 12.00 WIB,  banyak keluarganya yang datang. Teko endi-endi. Teko kabeh wong-wong,” tuturnya. 

Seperti diberitakan sebelumnya, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengungkap adanya dugaan praktik suap dalam pengurusan perizinan proyek pembangunan Meikarta. KPK menduga Bupati Bekasi Neneng Hassanah Yasin dan empat pejabat di Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi terlibat.

Mereka diduga menerima commitment fee untuk pengurusan izin proyek yang digarap oleh Lippo Group tersebut. KPK pun menggelar Operasi Tangkap Tangan (OTT) di Bekasi dan Surabaya mulai kemarin lusa (14/10). 

 

 

Editor : Dida Tenola

Reporter : (HDR/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Fitra Djaja Purnama Dikenal Suka Menyapa Tetangga