alexametrics

BBM Non Subsidi Naik, Konsumen Pilih Turun Kelas

16 Oktober 2018, 19:40:31 WIB

JawaPos.com – Kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) non subsidi mempengaruhi pasar. Konsumen mulai beralih menggunakan Pertalite dan Premium. Hal itu diungkapkan General Manajer PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region (MOR) I, Joko Pitoyo. Dia mengatakan, meski ada peralihan, jumlahnya tidak signifikan.

Terkait dengan hal itu, Joko menyatakan, pihaknya akan melakukan evaluasi keseluruhan penggunaan BBM pascakenaikan BBM non Subsidi. “Akan kita evaluasi pada akhir bulan ini. Akhir Oktober ini, bisa kita ketahui. Ada kenaikan berapa persen dan berapa penurunanya,” kata Joko Selasa (16/10).

Meski ada pergeseran konsumen, Joko tetap mengklaim jika BBM non subsidi punya pelanggan tetap yang loyal. “Untuk secara harian, mungkin ada peralihan. Tapi tidak banyak, karena pertamax, pertamax turbo konsumen atau penggunanya tertentu,” ujarnya.

Para konsumen loyal ini, tetap memakai BBM yang berkualitas. Semuanya demi performa mesin yang lebih baik. Pertamina sendiri sudah melakukan pengaman stok BBM murah untuk mengantisipasi pengeseran atau peralihan penggunaan.

Untuk diketahui, ‎Kenaikan BBM tersebut, dilakukan Pertamina dengan penyesuaian BBM di Sarana Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU). Mulai dari pertamax, pertamax turbo, dexlite, pertamina Dex, dan biosolar non PSO. Keseluruhannya, merupakan BBM non subsidi

Penyusuaian mengacu pada Permen ESDM No. 34 tahun 2018 Perubahan Kelima Atas Peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Nomor 39 Tahun 2014, Tentang Perhitungan Harga Jual Eceran BBM. Hal ini, merupakan dampak dari harga minyak mentah dunia yang terus merangkak naik dimana saat ini harga minyak dunia rata-rata menembus 80 dolar per barel.

Dimana, harga Pertamax Rp 10.400/liter, Pertamax Turbo Rp 12.250/ liter, Pertamina Dex Rp 11.850/liter, Dexlite Rp 10.500/liter, dan Biosolar Non PSO Rp.9.800/liter.

Editor : Budi Warsito

Reporter : (pra/JPC)


Close Ads
BBM Non Subsidi Naik, Konsumen Pilih Turun Kelas