JawaPos Radar

Sambut HUT ke-73 RI, Ribuan Orang Jalan Santai di Poso

16/08/2018, 12:39 WIB | Editor: Bintang Pradewo
Sambut HUT ke-73 RI, Ribuan Orang Jalan Santai di Poso
Ribuan orang ikuti jalan santai di Poso, Sulawesi Tengah. (Desyinta Nuraini/ JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Semangat merah putih terus bergelora jelang peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia, Jumat (17/8) besok. Tak terkecuali di Kecamatan Lage, Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah.

Daerah bekas konflik dan sempat menjadi sarang teroris Santoso itu tampak bergelora menyambut HUT RI ke-73. Beragam kegiatan diselenggarakan.

Mulai dari pertandingan olahraga di desa-desa, kegiatan kesenian dan jalan santai berkeliling wilayah kecamatan seperti yang diselenggarakan pagi ini, Kamis (16/8). Seluruh elemen masyarakat terlihat antusias.

"Dari anak-anak sekolah, TNI PNS dan Polisi melaksanakan kegiatan jalan santai untuk menyambut kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-73," ujar Camat Lage Dedriawan Talingkau di Lapangan Lage, Poso, Sulteng.

Adapun jalan santai itu merupakan kegiatan puncak setelah dua minggu mereka menggelar acara peringatan HUT RI. "Untuk kegiatan ini kurang lebih melibatkan seribu orang," tukasnya.

Sementara itu, Kapolsek Lage Ipda Jufri Lawendatu yang merupakan ketua panitia perayaan Hari Kemerdekaan di wilayah tersebut mengatakan, kegiatan selama dua minggu berjalan dengan cukup sukses, aman, dan damai. Terlebih mereka bekerja sama dengan TNI untuk pengamanan.

"Situasi sampai saat ini sangat kondusif. Tidak ada hal-hal yang tidak kita inginkan bersama," kata dia.

Namun, mereka tetap siaga dalam segala kemungkinan yang terjadi. "Pengamanan tetap melaksanakan sesuai protap yang ada," pungkas Jufri.

Ya, dari pantauan JawaPos.com, Poso yang selalu diidentikkan dengan daerah rawan tak seperti kelihatannya. Masyarakat beraktivitas seperti biasa seperti di daerah lainnya. Tawa riang anak-anak juga terlihat di sana. Tak sedikitpun kecemasan muncul di wajah mereka. (dna)

(dna/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up