alexametrics

Pegang Duplikat Bendera Merah Putih, Iwan Bule: Harus Dijaga!

16 Agustus 2018, 05:05:38 WIB

JawaPos.com – Duplikat bendera pusaka merah putih berusia 21 tahun diserahkan kepada Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Penyerahan dilakukan Wakil Wali Kota Bandung, Oded M Danial kepada Penjabat Gubernur Jawa Barat, M Iriawan di Aula Gedung Sate, Bandung, Rabu (15/8).

Menurut Mantan Kapolda Metro Jaya yang kerap disapa Iwam Bule, bendera tersebut dititipkan kepada Pemerintah Kota Madya sejak 1997 lalu. Karena saat itu tidak ada tempat untuk menyimpan bendera merah putih yang diberikan langsung oleh Pemerintah pusat.

Pegang Duplikat Bendera Merah Putih, Iwan Bule: Harus Dijaga!
Penjabat Gubernur Jawa Barat, M Iriawan menerima duplikat pusaka bendera merah putih di Gedung Sate, Bandung, Rabu (15/8). (Siti Fatonah/ JawaPos.com)

“Jadi dulu waktu upacara di Kertamukti kan tidak ada, sehingga upacaranya di Kota Madya. Setelah itu mungkin karena penyimpananya kurang pas sehingga di titipkan di Kota Bandung,” kata Iwan Bule di Gedung Sate, Bandung, Rabu (15/8).

Setelah diserahkan kepada Pemprov Jabar, duplikat bendera merah putih akan disimpan di Museum Gedung Sate. Agar masyarakat (pengunjung) bisa melihat secara langsung bendera bersejarah tersebut.

“Di Museum Gedung Sate, nanti bisa dilihat juga oleh masyarakat tentunya. Tapi ini terbatas yah karena kita harus menjaga supaya tetap rapi, utuh, dan baik,” ujarnya.

Bendera tersebut menurut Iwan Bule, sakral. Terutama untuk Provinsi Jawa Barat karena dulu dibagikan dari Jakarta. Sehingga bendera itu harus dijaga.

“Harus kita jaga, karena dikibarkan cuma satu tahun sekali dan hanya pagi sampai sore saja,” tuturnya.

Terkait SOP penyimpanannya, pihak Pemkot Bandung telah merawat dengan baik. Terlihat dari kondisi bendera merah putih itu masih bagus.

“Dalam artian disimpanya sesuai dengan aturan-aturan yang berkaitan masalah penyimpan bendera,” pungkansya.

Acara penyerahan duplikat bendera pusaka merah putih di Gedung Sate, dihadiri Wakil Wali Kota Bandung, PPI Kota Bandung, dan Paskibraka Kota Bandung yang akan bertugas mengibarkan bendera merah putih pada 17 Agustus 2018.

Editor : Bintang Pradewo

Reporter : (ona/JPC)


Close Ads
Pegang Duplikat Bendera Merah Putih, Iwan Bule: Harus Dijaga!