JawaPos Radar

Kebakaran Lahan Hanguskan 17 Pondok dan 3 Kendaraan

16/08/2018, 09:35 WIB | Editor: Sofyan Cahyono
Kebakaran Hutan dan Lahan
Kebakaran lahan dan hutan di Kabupaten Rokan Hilir turut menghanguskan pondok dan kendaraan warga. (Istimewa)
Share this image

JawaPos.com - Kebakaran lahan dan hutan (Karhutla) terjadi di Kepenghuluan Tanjung Leban, Kecamatan Kubu, Kabupaten Rokan Hilir (Rohil), Riau. 17 Rumah pondok, dua sepeda motor, dan satu roda empat ikut hangus terbakar.

Api mulai berkobar sejak Minggu (12/8) lalu hingga Rabu (15/8) kemarin. "Kebakaran terjadi selama tiga hari berturut-turut. Saat warga memadamkan lahan, api malah merembet ke pondok-pondok yang ada di sana," kata Kapolres Rohil AKBP Sigit Adiwuryanto dalam keterangannya, Kamis (16/8).

Terik matahari membuat api semakin cepat merembet ke pondok warga. Pondok yang terbuat dari kayu juga memudahkan si jago merah untuk melahapnya.

Kebakaran Hutan dan Lahan
Kebakaran lahan dan hutan di Kabupaten Rokan Hilir turut menghanguskan pondok dan kendaraan warga. (Istimewa)

Adapun 17 rumah yang terkena dampak kebakaran lahan itu di antaranya milik Suhendra, Wardi, Nainggolan, Morton Marbun, Subur, Tambunan, Kojak, Jelita. Selain itu juga ada milik Yogik, Gunawan, Misdianto, P Manalu dan satu pondok yang belum diketahui pemiliknya. "Dua unit sepeda motor milik P Sianturi dan P Manalu serta satu unit mobil mobil milik Misdianto telah hangus terbakar," jelasnya.

Meski tidak ada korban jiwa, namun para korban mengalami kerugian materiil hingga Rp 90 juta. "Saat ini tim Satgas Karhutla masih melakukan upaya pendinginan di lokasi," pungkas Sigit.

(ica/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up