alexametrics

Sembalun, Kawasan Kaki Gunung Rinjani Penyangga Bawang Putih Nasional

16 Juli 2018, 07:59:04 WIB

JawaPos.com – Sembalun merupakan salah satu surga pengembangan sayuran di Nusa Tenggara Barat. Hampir 50 persen pasokan di wilayah Mataram dari berbagai aneka sayuran, dipasok dari sini.

Ini menandakan bahwa daerah ini menjadi penyangga utama sayuran di Nusa Tenggara Barat. Disamping itu wilayahnya dikelilingi oleh bukit dan gunung, terbentang kawasan yang sangat luas, plus lahan yang tertanami bawang putih.

Kadis Pertanian Lombok Timur, Zaini mengatakan bahwa sentra pengembangan bawang putih di Lombok Timur mencapai 10.000 hektar. Tersebar di 5 Kecamatan yaitu Sembalun, Wanasaba, Sikur, Pringgasela, Suela.

Penambahan luas tanam tak pernah ada kendala karena kondisi dan ketersediaan air mencukupi. “Sentra utama terbesar di Sembalun bisa mencapai 4.000 hektar, tepatnya di kaki Gunung Rinjani,” jelas dia lewat siaran tertulisnya, Senin (16/7).

Zaini mengungkapkan, hampir seluruh wilayah tertanami bawang putih dengan pola monokultur dan sebagian tumpang sari, dengan komoditas sayuran lainnya seperti cabai besar.

“Melihat prospektif ini, maka Sembalun siap menjadi penyangga benih bawang putih nasional dan menyukseskan swasembada bawang putih tahun 2021,” jelas dia.

Kasubdit Bawang Merah dan Sayuran Umbi Direktorat Jenderal Hortikultura, Agung Sanusi mengatakan, Kabupaten Lombok Timur merupakan salah satu sentra pengembangan bawang putih nasional yang mendapat prioritas.

Ini ditandai dengan terus meningkatnya luas tanam bawang putih. Khususnya di Kecamatan Sembalun. “Sembalun salah satu lokasi terluas dan ideal untuk pertanaman bawang putih,” jelas dia.

Kemenan sendiri telah melakukan berbagai upaya diantaranya fasilitasi bantuan saprodi berupa benih dan pupuk. Pada tahun 2017-2018, telah dialokasikan pengembangan kawasan bawang putih seluas 3.442 hektar.

“Semakin banyak petani yang bermitra dan menanam bawang putih guna mensukseskan swasembada bawang putih 2021,” pangkasnya.

Editor : Imam Solehudin

Reporter : (ika/JPC)

Sembalun, Kawasan Kaki Gunung Rinjani Penyangga Bawang Putih Nasional