JawaPos Radar

200 Terduga Teroris Ditangkap

Ketegasan Kapolri Tito Usut Tuntas Jaringan Teroris Surabaya

16/07/2018, 16:39 WIB | Editor: Bintang Pradewo
Ketegasan Kapolri Tito Usut Tuntas Jaringan Teroris Surabaya
Kapolri Jenderal Tito Karnavian. (Dok JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Perburuan terhadap terduga teroris terus berlanjut pasca serangan bom di Surabaya, Jawa Timur. Setidaknya sudah ada ratusan orang yang diamankan Datasemen Khusus 88 Antiteror Mabes Polri.

"Sampai hari ini ada 194 yang ditangkap, sebelum peristiwa Jogja dan Indramayu," ujar Kapolri Jenderal Tito Karnavian di Kompleks Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat, Senin (16/7).

Jika termasuk penindakan di Yogyakarta dan Indramayu, jumlahnya kata Tito mencapai 200 orang. Dari jumlah tersebut beberapa mereka meninggal dunia karena ditembak mati petugas. "Jadi 17 orang (sebelumnya) tambah 3 (terduga teroris di Indramayu), berarti 20 terduga teroris MD (meninggal dunia)," sebut mantan Kepala Densus 88 Antiteror Mabes Polri itu.

Dari semuanya, petugas bukan berhadapan dengan pelaku biasa, melainkan mereka yang siap mati. Untuk itu, pihaknya tidak mau mengambil risiko yang mengancam petugas dan membahayakan masyarakat sekitar.

Tito pun sudah menginstruksikan kepada anak buahnya untuk melakukan tindakan tegas sesuai wewenang yang diamanatkan kepada Polri. "Inisiatif di tangan kita, kita mengejar. Mereka melawan, kita sikat. Karena melawan petugas, membahayakan petugas, berani menyerang dan petugas luka, anda akan berhadapan dengan kekuatan yang mematikan juga," tegasnya.

Lebih lanjut Tito menyampaikan, pihaknya tidak akan berhenti untuk memburu mereka. Terutama jaringan Jemaah Ansharut Daulah (JAD) yang merupakan pelaku bom Surabaya.

"Kita akan kejar terus jaringan-jaringan ini yang terkait dengan bom Surabaya. Kita akan urut betul dan kita sudah tau jaringan ini dimana saja, kita akan bertindak, kejar," pungkasnya.

(dna/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up