alexametrics

Jadi Perhatian Jokowi, PT JSN Jaring UMKM untuk Rest Area

16 Juli 2018, 12:33:00 WIB

JawaPos.com – PT Jasamarga Solo Ngawi (JSN) selaku pengelola jalan tol Kartasura-Sragen langsung menindaklanjuti instruksi Presiden Joko Widodo alias Jokowi terkait tempat untuk Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di rest area.

PT JSN akan menggandeng pemerintah daerah setempat untuk melakukan penjaringan terhadap UMKM yang berhak untuk menempati rest area di jalan tol.

“Kami akan menggandeng Pemda setempat untuk menyeleksi UMKM yang bisa masuk ke rest area. Penjaringan ini ditujukan untuk memastikan bahwa UMKM yang berjualan di rest area memang mempunyai produk yang layak,” terang Direktur Utama (Dirut) PT JSN, David Wijayatno kepada JawaPos.com usai peresmian jalan tol Kartasura-Sragen, Minggu (15/7).

David menambahkan, sebelum adanya instruksi dari Presiden Jokowi, pihaknya memang sudah menyiapkan tempat sebesar 30 persen dari lokasi rest area yang ada. Akan tetapi, dengan adanya instruksi tersebut, maka pihaknya akan menambahkan luas lahan yang akan digunakan untuk UMKM. “Dengan instruksi tersebut tentunya kami juga akan menambah porsi untuk UMKM,” katanya.

Sementara itu, untuk jumlah rest area yang ada di sepanjang jalan tol Kartasura-Sragen David mengatakan ada dua. Tetapi, nantinya jika ruas tol tersebut sudah tersambung hingga Ngawi, setidaknya ada delapan rest area.

Rest area yang ada terbagi menjadi dua tipe, yakni tipe A dan tipe B. “Untuk tipe A itu yang tipe besar. Setiap rest area mampu menampung lebih kurang 20 UMKM,” katanya.

Ditanya mengenai sistem penyewaan lahan di rest area, David mengatakan bahwa untuk masalah itu akan ditangani langsung oleh Jasamarga properti. Dirinya mengaku tidak mengetahui pasti mengenai pembagian atau pun besaran uang sewa nantinya.

“Yang jelas untuk sewa UMKM akan lebih murah,” tandasnya.

Editor : Yusuf Asyari

Reporter : (apl/JPC)


Close Ads
Jadi Perhatian Jokowi, PT JSN Jaring UMKM untuk Rest Area