alexametrics

Gelaran Milad 103 Tahun Maimoon akan Pecahkan Dua Rekor Muri

16 Juli 2018, 22:40:22 WIB

JawaPos.com – Gelaran Milad 103 tahun Istana Maimoon semakin dekat. Pihak panitia mulai merampungkan sejumlah persiapan demi acara yang akan di helat pada 24-26 Agustus 2018 mendatang.

Yayasan Sultan Ma’moen Al Rasyid (YASMAR), bersama Asosiasi Perusahaan Penyelenggara dan Pelaksana Acara (APPARA) Indonesia sudah menyiapkan rangkaian acara yang akan menjadi pemicu datangnya wisatawan lokal dan mancanegara.

Milad 103 tahun itu, juga akan memecahkan dua rekor MURI sekaligus. Pertama adalah kirab budaya rumpun Melayu dan Gunung Durian tertinggi. Untuk Kirab Budaya, panitia sudah mengundang utusan dari negara-negara tetangga yang masih punya ikatan garis rumpun Melayu. Masing masing perwakilan akan menunjukkan pakaian adat dari daerahnya.

Gelaran Milad 103 Tahun Maimoon akan Pecahkan Dua Rekor Muri
Konferensi Pers jelang Milad 103 tahun Istana Maimoon, Senin (16/7). (Prayugo Utomo/JawaPos.com)

Di Kesultanan Deli diketahui sudah ada beberapa rumpun. Ditambah dari luar Kesultanan Deli dan mancanegara. Totalnya, pakaian adat yang direncanakan ikut dalam kirab adalah 300 jenis.

“Jadi kita akan mengambil nilai budayanya. Sekaligus pembelajaran dan menarik wisatawan juga,” kata Ketua Umum APPARA Hendra Kaban, Senin (16/7) petang.

Sementara itu, Ketua YASMAR, Tengku Reizan lvansyah mengatakan, mereka tengah mempersiapkan pemecahan rekor gunung durian tertinggi. Nantinya, durian akan dibentuk menyerupai gunung. Kemudian diukur ketinggiannya. Rencananya gunung durian itu akan mencapai tinggi 20 meter.

“Memang kita rencanakan 20 meter. Tapi kita akan analisis seperti apa resikonya. Kita kerjasama dengan supplier durian. Termasuk dengan Ucok Durian,” kata Reizan.

Panitia katanya, juga sudah bekerjasama dengan beberapa penyedia jasa pariwisata. Nantinya, para wisatawan yang memakai jasa mereka akan mengajak tamunya untuk hadir dalam acara Milad.

Panitia juga sedang menunggu konfirmasi dari istana negara soal kedatangan Presiden Joko Widodo. “Kita beeharap Milad ini jadi triger atau pemicu pariwisata di Sumut,” tandasnya.

Editor : Budi Warsito

Reporter : (pra/JPC)

Gelaran Milad 103 Tahun Maimoon akan Pecahkan Dua Rekor Muri