JawaPos Radar

Harapan Kepala Rutan untuk Penerimaan CPNS

16/07/2017, 00:07 WIB | Editor: Fadhil Al Birra
Harapan Kepala Rutan untuk Penerimaan CPNS
Ilustrasi (pixabay)
Share this image

JawaPos.com - Pemerintah telah mengumumkan penerimaan CPNS di Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham). Yang menjadi pertanyaan, berapa jatah yang bakal didapat daerah, semisal Rumah Tahanan (Rutan) Klas II B Tanah Grogot, Kabupaten Paser. 

Kepala Rutan Klas IIB Tanah Grogot Husni Thamrin membenarkan adanya lowongan tersebut. Dia pun sempat membantu menginformasikan kepada masyarakat Paser melalui berbagai media. Namun, dia belum menerima informasi terkait jatah yang bakal diterima Rutan Tanah Grogot. 

“Misalnya di formasi penjaga tahanan atau sipir, ada 14.000 orang. Minimal kita bisa mendapat 30 sampai 40 personel. Untuk formasi lain, masih akan dibahas setelah pertemuan di Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenkumham Kaltim,” kata Husni dikutip dari Kaltim Post (Jawa Pos Group), Sabtu (15/7).

Peluang pendaftar asal Paser, menurut Husni cukup besar. Hal itu demi memberikan rasa betah kepada pegawai sehingga tidak minta pindah. Meskipun sejatinya, sebagai PNS, harus siap ditempatkan di mana saja. 

Saat ini jumlah warga binaan yang ada Rutan Tanah Grogot mencapai 430 orang. Sementara penjaga hanya 35 orang. Itu pun, kata Husni, ditambah petugas lainnya yang bukan sipir. Kini tiap regu jaga hanya berisi tiga petugas. Sementara itu, idealnya minimal tiap regu ada 10–15 orang. 

“Semoga saja dengan adanya pengumuman CPNS ini, bisa segera membantu mengisi kekurangan personel,” tutupnya. 

Diketahui, formasi yang dibuka adalah calon hakim, penjaga tahanan, analisis keimigrasian, dan 19 jabatan teknis lainnya. Perinciannya, formasi calon hakim tersedia 1.684 kursi, penjaga tahanan atau sipir 14.000 kursi, analisis keimigrasian 2.278 kursi, dan 19 jabatan teknis lainnya dengan kuota 1.268 kursi.

Pendaftaran rencananya dibuka pada 1 hingga 31 Agustus 2017. Pendaftaran terpusat secara online melalui website https://sscn.bkn.go.id. Pelamar harus melalui saringan awal yakni seleksi administrasi. Kemudian bagi yang lulus harus melewati seleksi kompetensi dasar (SKD) dengan sistem computer assisted test (CAT). Kemudian mengikuti seleksi kompetensi bidang (SKB) sesuai formasi masing-masing. (*/jib/ica/k16/fab/JPG)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up