alexametrics

Soal Buaya Muara, Sandi: Jangan Dibunuh, Jangan Dibuat Sate

16 Juni 2018, 13:48:23 WIB

JawaPos.com – Seekor buaya nampak terekam tengah berendam di sekitar perairan Dermaga Sunda Pondok Dayung, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Jumat (15/6) sempat viral di media sosial. Buaya yang diketahui tidak terlalu besar ini nampak berenang ke arah barat Pantai Ancol.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno meminta masyarakat tidak khawatir dan panik atas kejadian ini. Dirinya meminta masyarakat agar segera lapor jika menemukan buaya itu, dan tidak membunuhnya.

“Jangan dibunuh-bunuh, jangan dibuat sate atau apa sate buaya kan enak katanya. Katanya. Tolong dilaporkan saja terus nanti dipastikan ditangani dengan baik dan jangan sampai menimbulkan was-wasan di masyarakat,” tegas Sandi di Rumah Dinas Gubernur DKI Jakarta, Jumat (15/6).

Soal Buaya Muara, Sandi: Jangan Dibunuh, Jangan Dibuat Sate
ilustrasi. Kopaska terjun langsung kejar buaya di Pantai Ancol. (Dok. JawaPos.com)

Dirinya melihat fenomena buaya yang sampai ke Pantai Jakarta ini menjadi suatu yang unik. Maka dari itu, dirinya telah meminta pihak yang ahli di bidang tersebut termasuk dari Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (DKPKP) DKI Jakarta untuk melakukan pemantauan dan penyelidikan.

“Fenomena ini apakah diakibatkan karena habitat mereka terganggu dan mereka keluar. Atau karena ada food change ya. Ada rantai makanannya dia yang terputus. Sehingga dia nyari makannya keluar,” tuturnya.

Sandi pun memastikan buaya yang tengah viral di masyarakat tidak akan mengganggu orang-orang karena tidak berada di tempat rekreasi. Namun Sandi tidak mengelak fenomena buaya ini membuat masyarakat cemas.

“Masyarakat pasti kan was-was kalau dalam kegiatannya itu buaya-buaya bisa mengancam keselamatannya. Tapi saya ingin jangan langsung disakiti. Imbauan ke masyarakat, kalau melihat laporkan saja ke Damkar dan kita akan koordinasi,” pungkasnya.

Editor : Bintang Pradewo

Reporter : (rgm/JPC)



Close Ads
Soal Buaya Muara, Sandi: Jangan Dibunuh, Jangan Dibuat Sate