JawaPos Radar

Hari Kedua Lebaran, Kemacetan Terjadi di Jalur Puncak

16/06/2018, 12:56 WIB | Editor: Budi Warsito
Hari Kedua Lebaran, Kemacetan Terjadi di Jalur Puncak
ilustrtasi kemacetan (Dok. JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Pada hari kedua Lebaran Idul Fitri 1439 Hijriah, lalu lintas di jalur puncak terpantau ramai. Terjadi peningkatan volume kendaraan dari arah Jakarta ke daerah tersebut.

Kapolres Bogor, AKBP Andi Moch. Dicky Pastika mengatakan, sejak pagi antrian kendaraan sepanjang 1 km terjadi di exit tol Ciawi. "Sejak pukul 06.30 WIB, sudah dipadati kendaraan dari arah Jakarta," katanya kepada JawaPos.com, Sabtu (16/6).

Dia menuturkan, dari data jumlah kendaraan 33.754 kendaraan jenis mobil yang masuk ke wilayah Puncak sejak 15 Juni 2018 hingga pagi ini. Jumlah tersebut didominasi oleh kendaraan pribadi.

Untuk mengurangi kepadatan tersebut, satuan lalu lintas Polres Bogor katanya, memberlakukan sistem satu arah lebih cepat dari jadwal biasanya. Yakni dilaksanakan pada jam 07.00 WIB.

Untuk itu, petugas Kepolisian Resor Bogor menyarankan dan menghimbau, kepada masyarakat yang ingin menuju Cianjur agar dapat menggunakan Jalur Cibubur-Jonggol-Cariu-Cianjur.

"Jalurnya 86 Km dan lebih cepat dibandingkan menggunakan jalur puncak. Masyarakat pun bisa menggunakan Jalur Tol Bocimi jika ingin ke Cianjur dan Sukabumi. Dengan jarak 15 Km, bisa menempuh waktu 20 menit," sarannya.

Jika ada yang tertunda perjalanannya menuju Jakarta dari Cianjur pun kata dia, dapat mengunakan jalur alternatif yang disiapkan oleh petugas Kepolisian.

Sementara itu, Dicky memberitahukan kepada masyarakat, yakni terdapat beberapa simpul kepadatan di wilayah kawasan jalur Bogor Puncak Cianjur. Diantaranya Simpang Pasir Muncang, Simpang Pasir Angin, Simpang Mega Mendung, Simpang Taman Wisata Matahari, Simpang Taman Safari, dan Simpang Warung Kaleng.

Namun pengguna jalan tak perlu khawatir, karena Polres Bogor menyiagakan personel di sepanjang jalur Bogor Puncak Cianjur dan jalur Bogor Ciawi Sukabumi. Personel yang disiagakan sebanyak 250 orang personel gabungan dari Satuan Lalu lintas Polres Bogor, Satuan Sabhara Polres Bogor dan gabungan Polsek Ciawi, Megamendung dan Cisarua.

"Dan bagi masyarakat agar mematuhi aturan lalu lintas dan melihat update perkembangan arus lalu lintas melalui sosial media @TMCPolresBogor," pungkas Dicky.

(dna/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up