alexametrics

Kanjeng Kyai Nogo Sardilo, Keris Berlapis Emas Seharga Miliaran Rupiah

16 Mei 2022, 12:04:50 WIB

JawaPos.com – Keris merupakan salah satu pusaka asli Indonesia. Sebagai benda pusaka, keris pun mempunya beragam jenis dan kelas. Bahkan dianggap keramat dan memiliki dampak tertentu, apabila pemiliknya tak kuat menyimpannya. Seperti yang ada pada adalah Keris Kanjeng Kyai Nogo Sardilo yang dipamerkan di Gedung DPRD Kota Surakarta, Minggu (15/5).

Untuk diketahui, gedung DPRD Kota Surakarta menggelar pameran keris dan beberapa pusaka lainnya. Tercatat ada 100 keris pusaka, ditambah tombak dan pedang yang dipamerkan.
Salah satu karya masterpiece yang dipertontonkan kemarin adalah Keris Kanjeng Kyai Nogo Sardilo.

Heri Suryo Wibowo, salah seorang panitia penyelenggara menjabarkan keris ini dibuat di era zaman Sultan Agung saat jadi Raja Kesultanan Mataram (1613-1645). Keris ini dibuat oleh empu keraton dan diperuntukkan bagi seorang petinggi kerajaan. “Dilihat dari motifnya tidak sembarangan, dan masuk kategori keris mahanani atau keris bernilai tinggi,” ujarnya dikutip dari Radar Solo.

Heri menuturkan kalau bentuk keris ini memiliki Dhapur Naga Singa, yaitu naga di atas singa. Untuk bahan penyusun  terdiri dari wesi keris, dan untuk bagian bilah terbuat dari baja. Sedangkan untuk pamor terbuat dari iron meteorit.

“Dimana kandungan nikelnya cukup memenuhi syarat. Kemudian untuk hiasannya sendiri berlapis emas, dan juga ada berlian juga,” ujarnya.

Karena merupakan tinggalan yang cukup memiliki filosofis, Heri menuturkan keris ini memiliki aura tersendiri. Dimana pemiliknya butuh tingkat kemapanan spiritual secara khusus. Bila tidak, keris ini akan mengeluarkan hawa panas.

Editor : Kuswandi

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads