alexametrics

Jelang LRT Beroperasi, Transjakarta Buka Rute Baru Rawamangun-Klender

16 Mei 2019, 10:43:10 WIB

JawaPos.com – PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) akan kembali membuka rute baru yang menghubungkan Rawamangun-Klender atau JAK34. Rute ini disiapkan guna menyambut Lintas Rel Terpadu (LRT) Velodrome-Kelapa Gading yang akan diresmikan beberapa waktu ke depan.

Direktur Operasional Transjakarta, Daud Joseph mengatakan untuk rute baru ini membentang sejauh 27 kilometer. Untuk tahap awal disediakan 11 unit angkutan mikro dengan operator Komika Jaya.

“Selain terintegrasi LRT, layanan JAK34 juga terhubung dengan Transjakarta koridor 11 (Kampung Melayu – Pulo Gebang). Serta JAK26 (Duren Sawit – Rawamangun) dan JAK59 (Rawamangun – Rawa Sengon),” ujar Daud dalam keterangan tertulis yang diterima JawaPos.com, Kamis (16/5).

Daud menuturkan, layanan JAK34 rute Rawamangun – Klender memiliki 58 titik pemberhentian untuk memudahkan masyarakat menjangkau moda transportasi ini. Serta menuju tujuan masing-masing.

JAK34 diharapkan bisa turut menopang rute JAK24 rute Pulogadung-Pasar Senen via Kelapa Gading yang sudah lebih dahulu dibuka. Sehingga masyarakat yang akan menggunakan LRT memiliki banyak opsi.

Selain integrasi layanan, Plt Direktur Teknik dan Fasilitas Transjakarta itu mengungkapkan, Transjakarta dengan LRT Jakarta juga sedang menghubungkan fisik dengan pembangunan jembatan penghubung (skybridge) agar penumpang transportasi umum terkoneksi. Sehingga perpindahan penumpang ke dua mode transportasi ini bisa semakin mudah. “Pelanggan Transjakarta bisa melanjutkan perjalanan dengan LRT Jakarta ataupun sebaliknya,” pungkas Daud.

Sebelumnya, Direktur Proyek LRT Jakarta Propertindo (Jakpro) Iwan Takwin menyampaikan, apabila tidak ada kendala atau perubahan jadwal, LRT akan mulai beroperasi secara komersil setelah Hari Raya Idulfitri. Namun, dia belum meyebat tanggal pasti pengoperasiannya. “Kalau merujuk jadwal penyelesaian jembatan, iya setelah lebaran (LRT beroperasi),” jelasnya.

LRT tahap I sendiri baru akan dibuka untuk jalur Velodrome-Kelapa Gading. untuk perjalanan dengan jarak tersebut, dibanderol dengan harga Rp 5 ribu untuk satu keli perjalanan. Dalam rute ini, LRT hanya menempuh jarak 5,8 kilometer.

Rencananya sudah ada 16 kereta yang siap beroperasi, dengan headway atau jarak keberangkatan kereta 5 lima menit. Untuk jam operasional LRT akan melayani sejak pukul 06.00-10.00 WIB pada hari kerja. Sedangkan pada akhir pekan atau hari libur dimulai pukul 07.00-11.00 WIB.

Saat ini pihak LRT tengah fokus terhadap pembangunan jalan layang yang menghubungkan stasiun LRT Velodrome, dengan halte Transjakarta Velodrome. Hal ini untuk memudahkan masyarakat yang akan melalukan pergantian mode transportasi di wilayah tersebut. “Jembatan target selesai akhir bulan ini,” pungkas Iwan.

Editor : Bintang Pradewo

Reporter : Sabik Aji Taufan