alexametrics

Terduga Teroris di Karangploso Diduga Terkait JAD

16 Mei 2018, 23:58:00 WIB

JawaPos.com – Tim Densus 88, kembali menangkap terduga teroris di Karangploso, Kabupaten Malang, Rabu (16/5). ZN, 41, alias F, diamankan di sekitar bundaran Perumahan Pesanggrahan Pratama, Desa Girimoyo, Kecamatan Karangploso.

Berdasarkan informasi yang didapatkan JawaPos.com, F disergap cepat Densus 88 di bundaran depan portal masuk Perumahan Pesanggrahan Pratama, masuk wilayah Desa Girimoyo. 

Penyergapan ini berlangsung cepat. Hingga tidak ada warga di sekitar perumahan yang mengetahui. Berdasarkan pengamatan di lapangan, nyaris tidak ada yang mengetahui adanya penangkapan.

Penangkapan Terduga Teroris
SEPI: Suasana lokasi penangkapan terduga teroris di Karangploso.  (Tika Hapsari/JawaPos.com)

Koordinator Kemananan perumahaan setempat, Imam, 57, mengaku tidak mengetahui adanya penangkapan di bundaran depan perumahan. 

Imam juga mengaku tidak mengenal nama tersebut. “Saya nggak tahu ada kejadian itu. Nama itu juga asing, saya nggak kenal,” katanya. 

Sementara itu, Kapolres Malang, AKBP Yade Setiawan Ujung, menjelaskan, F diamankan oleh polisi, karena keterkaitannya dengan kelompok Jamaah Ansharut Daulah (JAD). “Pok (kelompok) JAD,” katanya. 

Lebih lanjut, Ujung menjelaskan, bahwa F terkait dengan Kristianto. Kristianto merupakan terduga teroris yang diamankan oleh Densus, Selasa (15/5).

Kristianto yang sehari-hari bekerja sebagai penjual tahu ini diamankan oleh Densus 88, di sekitar jalan menuju rumahnya, di Desa Kepuharjo, Kecamatan Karangploso. “Dengan (kaitannya) Kris,” katanya. 

Sementara itu, Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Pol Frans Barung Mangera, membenarkan penangkapan ini dilakukan Densus 88. “Saya rekap setelah semua selesai,” tegasnya.

Editor : Sari Hardiyanto

Reporter : (tik/JPC)

Terduga Teroris di Karangploso Diduga Terkait JAD