alexametrics

Hendak ke Toilet, Jatuh dari Kapal, 22 Jam Ngapung di Laut

16 April 2019, 05:10:21 WIB

JawaPos.com – Salah satu nelayan yang ikut melaut dengan kapal bernama Celebes terjatuh ke laut. Korban atas nama Darman, 20, warga Jalan Dipenogoro RT 16 Berbas Pantai diperkirakan terjatuh di sekitar RIG Senol sekitar menara 2 daerah rumpon Sangatta, Kalimantan Timur (Kaltim). Selama 22 jam mengapung di laut, korban berhasil selamat berkat jerigen yang ia peluk.

Kepala Pelaksana BPBD Bontang, Ahmad Yani menuturkan pihaknya mendapat laporan kejadian laka laut pada Kamis (11/4) sekira pukul 19.30 Wita. Pelapor yang merupakan keluarga korban mengatakan mereka berangkat dari Bontang pada Kamis sekira pukul 07.30 Wita dengan kapal nelayan Celebes.

“Sekira pukul 16.00 Wita, para ABK menyebut bahwa korban sudah tidak ditemukan di kapal,” tuturnya, dikutip dari Bontang Post (Jawa Pos Group), Selasa (16/4).

Jumat (12/4) pagi, tim BPBD melakukan pencarian dibantu oleh Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan Pos Kutai Timur, pihak keluarga, dan asosiasi kapal nelayan Berbas Pantai. Sekira pukul 09.25 Wita korban ditemukan tim BPBD Bontang di sebelah Barat pada koordinat N 00º06’00.2” :E117º50’04.1” dengan kondisi selamat dan korban dalam keadaan lemah.

Jerigen dan botol kosong air mineral yang ia masukkan dalam bajunya menjadi penyelamat Darman. Korban hanya menggunakan celana pendek saat ditemukan.

Dengan perkiraan waktu selama kurang lebih 22 jam mengapung di laut, tak heran jika Darman merasa kehausan. Jari tangan dan kakinya pun sudah membengkak karena terlalu lama di dalam air.

“Korban ditemukan oleh kapal BPBD dan langsung diberikan air minum serta selimut, karena korban kedinginan,” kata Yani.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Balikpapan (Kaltimra) Gusti Anwar Mulyadi mengatakan, hasil operasi pencarian korban ditemukan dalam kondisi selamat dan langsung dibawa ke rumah sakit untuk pengecekan kondisinya. “Korban mengapung dengan jerigen untuk bertahan,” ujarnya.

Operasi pencarian pun dihentikan. Pihaknya menyebut koordinasi yang baik saat operasi pencarian sangatlah diparesiasi olehnya.

Sementara itu, salah satu petugas BPBD Bontang, Syamsuddin mengungkapkan bahwa korban terjatuh dari kapal Celebes sejak pukul 11.00 Wita Kamis lalu. Darman mengaku pusing saat itu dan hendak buang air kecil.

Namun, karena kondisinya yang pusing, ia pun sempat oleng dan terjatuh dari kapal. “Saat jatuh korban sempat memegang jerigen, dan jerigen itu ikut terjatuh,” ungkapnya.

Ketika ia jatuh, ABK lainnya yang kurang lebih sebanyak 9 orang sedang tertidur, sehingga tak mengetahui saat korban jatuh ke air. “Kurang lebih 22 jam korban mengapung di laut,” imbuhnya.

Saat ini, korban sudah dipulangkan dari rumah sakit dan beristirahat di rumahnya. Kepada Syamsuddin korban mengaku hendak melaut di rumpon pada perairan Selat Makassar.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : jpg