alexametrics

Soal Apel Kebangsaan Rp 18 M, Poltikus Gerindra: Ini Sangat Berlebihan

Habiskan Dana Rp 18 Miliar
16 Maret 2019, 11:10:57 WIB

JawaPos.com – Acara Apel Kebangsaan yang dihelat Pemerintah Provinsi Jawa Tengah di Lapangan Pancasila Simpang Lima Semarang, Minggu (17/3) kembali menuai kritikan. Selain karena anggarannya yang mencapai Rp 18 miliar, urgensi kegiatan itu pun juga dipertanyakan.

“Jadi ini cukup berlebihan berlebihan dari anggaran yang sampai Rp 18 miliar diambilkan dari APBD dan dipakai hanya untuk ceremony selebrasi seperti itu. Tentu ini sangat berlebihan, belum tentu kondisinya. Apakah juga menjadi genting itu seruan it u Jawa Tengah hingga perlu diadakan apel kebangsaan yang kayak gitu?” ujar Anggota DPRD Komisi A, Sriyanto Saputro, Jumat (15/3).

Selain itu, Sriyanto mengaku sebelumnya belum pernah mendapatkan info soal acara itu selama masa pembahasan. Padahal, biasanya untuk kegiatan macam ini, terutama kala anggarannya didiskusikan, usulannya pasti sudah jauh-jauh hari didengar.

“Tapi entah ini karena saya nggak tahu atau bagaimana bentuk kegiatan ini, memang saya tidak tahu,” kata pria berkumis yang juga Politisi Partai Gerindra itu.

Berbicara selaku kader Gerindra, partainya sendiri nantinya juga tidak akan sampai melakukan pemantauan. Utamanya dalam mengawasi apakah Apel Kebangsaan besok berjalan sesuai seluruh aturan berlaku atau tidak.

Ia memilih untuk lebih fokus saja pada apa yang sudah menjadi kewajiban partainya. Atau malah, menyiapkan energinya untuk menonton debat cawapres pada malam harinya.

“Mereka akan melihat calon pemimpinnya pada malam hari sementara itu lebih penting. Dari pada siangnya yang diajak berjoget bersama, melihat Slank seperti itu ya. Menurut saya ini berlebihan,” pungkasnya.

Untuk diketahui, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah berencana menggelar acara Apel Kebangsaan yang akan dihadiri berbagai elemen masyarakat sebagai wujud keberagaman Indonesia. Komponen yang dilibatkan, meliputi santri, pramuka, linmas, pekerja, petani, nelayan, pelajar, seniman, mahasiswa, pelajar, tokoh lintas agama hingga olahragawan dan kelompok difabel.

Bakal ada empat panggung untuk acara ini dengan panggung utama di Lapangan Simpang Lima. Lalu panggung di Jalan Pahlawan, Jalan Pandanaran dan Jalan Ahmad Yani. Sejumlah tokoh juga akan naik ke panggung untuk mengisi orasi. Mereka adalah sosok dengan komitmen dan perhatiannya pada pembangunan semangat nasionalisme dan kebangsaan.

Tak sekedar orasi, acara ini juga akan dimeriahkan pertunjukkan musik dari sejumlah musisi ternama. Sebut saja Slank, Letto, Armada, Virza, serta Nella Kharisma. Dan yang tak kalah heboh adalah host-nya, yaitu Vincent-Desta dan Cak Lontong. Selain itu juga ada paduan suara mahasiswa, paduan suara gereja, Tari Saman dari siswa SMA, sholawat Kanzus Habib Ali Zaenal Abidin, dan ada juga Tarian Barongsai.

Belakangan diketahui pula bahwa anggaran untuk acara yang berlangsung hingga hampir tengah hari itu menelan sampai Rp 18 miliaran. Pos dana berasal dari Satuan Kerja (Satker) Kesbangpol Provinsi Jateng.

Editor : Sari Hardiyanto

Reporter : Tunggul Kumoro

Copy Editor :

Soal Apel Kebangsaan Rp 18 M, Poltikus Gerindra: Ini Sangat Berlebihan