alexametrics

Pemkot Tambah PLTSa di Tenggilis Tengah

16 Maret 2019, 18:46:08 WIB

JawaPos.com- Surabaya sudah punya dua Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa). Lokasinya berada di Kecamatan Benowo dan Jambangan.

Pemkot akan menambah satu lagi PLTSa di Jalan Tenggilis Tengah nomor 1. Posisinya, berdekatan dengan Rumah Kompos Taman Rayon Surabaya Timur.

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini mengatakan, PLTSa itu akan mengolah sampah menjadi energi listrik sebesar 4 megawatt. Pembangunannya akan rampung tahun ini.

“Kami akan membuat tempat pembuangan sampah (TPS) untuk kawasan timur yang 3R (reuse, reduce recycle). Jadi kami akan kurangi sampah di TPA supaya di sini (Tenggilis Tengah) bukan hanya sekadar rumah kompos,” kata Risma, Sabtu (16/3).

Risma menambahkan, ada mesin khusus yang akan terpasang pada PLTSa. Mesin itu dapat mengolah berbagai jenis sampah, baik kering dan basah.

Dia juga menjamin bahwa fasilitas pengolahan itu tidak akan menganggu aktivitas warga. Meski lokasinya berada di tengah permukiman warga, pengolahan sampah tidak akan sampai menimbulkan bau.

“Semua (PLTSa) ya di tengah kota. Nanti saya suruh buat taman. Nggak bau kalau ngolahnya bener,” tambah perempuan asli Kediri itu.

Editor : Dida Tenola

Reporter : Aryo Mahendro


Close Ads
Pemkot Tambah PLTSa di Tenggilis Tengah